10 Ribu ASN Nyatakan Netral Di Pilkada Klaten 2020.

Mattanews.com Klaten – Sedikitnya 10 ribu PNS / ASN dilingkungan Pemda Klaten, Jawa Tengah menggelar ikrar bersama menyatakan netral dalam proses pelaksanaan  Pemilihan Kepala Daerah Tahun 2020. Gelar apel dan ikrar yang berlangsung dirumah dinas wakil Bupati Klaten Senin (19/10) dipimpin langsung Pjs Bupati Klaten Sujarwanto Dwiatmoko, melalui Video Conference. Hadir dalam acara tersebut Sekda Joko Sawaldi, jajaran pimpinan OPD Pemda Klaten dan diikuti seluruh ASN dan Non ASN OPD, Sekolahan, Direktur Perusda secara virtual.

 

PNS Klaten nyatakan netral di Pilkada

Empat point ikrar netralitas yang dibacakan  Sekda Jaka Sawaldi diantaranya, menjaga dan menegakkan prinsip netralitas Aparatur Sipil Negara dalam melaksanakan fungsi pelayanan publik baik sebelum, selama, maupun sesudah pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2020.

Kedua  Menghindari konflik kepentingan, tidak melakukan praktek-praktek intimidasi dan ancaman kepada pegawai ASN dan seluruh elemen masyarakat serta tidak memihak kepada pasangan calon tertentu.

Ketiga menggunakan media sosial secara bijak, tidak dipergunakan untuk kepentingan pasangan calon tertentu. Tidak menyebarkan ujaran kebencian serta berita bohong. Terakhir menolak politik uang, dan segala jenis pemberian dalam bentuk apapun.

Usai pembacaan ikrar, Pjs Bupati Klaten langsung menyerahkan Surat Keputusan kepada Sekda Kabupaten Klaten selaku Ketua Satgas Netralitas ASN pada Pilkada 2020. Dalam kesempatan tersebut Sujarwanto Dwiatmoko meminta dan mengingatkan kepada seluruh peserta apel  semua menjadi ASN yang profesional, dan tidak berpolitik praktis.

 “Netralitas bukan berarti tidak peduli.  Tapi netralitas juga ikut memastikan agar proses Pilkada berjalan dengan baik. Artinya ASN harus mampu dan bisa memberi dan menjelaskan kepada masyarakat tentang pentingnya Pilkada. Dimana Pilkada adalah pesta demokrasi yang jujur,adil dan rahasia, dimana rakyat bebas menentukan pilihan sesuai hati nuraninya. Dan bisa menjelaskan perlunya masyarakat datang ke TPS untuk menggunakan hak pilihnya”, ujarnya. ( jagad)

Share on Google Plus

Salam mattanes

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...