Dua BUMD Klaten Raih Award, Bupati Klaten Mendapat Kehormatan Sebagai Top Pembina BUMD

 


Mattanews.com -Klaten- Bank Klaten dan Perusahaan Air Minum Daerah (PDAM) Kabupaten Klaten sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Kabupaten Klaten berhasil meraih BUMD Award dan Top BUMD 2020. Atas prestasi Bank Klaten dan PDAM Klaten itu, Bupati Klaten Hj Sri Mulyani secara otomatis juga dinobatkan sebagai Top Pembina BUMD.  

Direktur Utama bank Klaten, Tulus Yunianto SE mengatakan, pada tahun 2020 ini menyalurkan  total kredit pada masyarakat sebesar Rp 176,802 miliar, sebanyak 82% atau Rp144,9 miliar adalah para pelaku UMKM atau sektor produktif. Selain itu turut diberikan penyaluran kredit subsidi bunga UMKM sebesar Rp4,59 miliar kepada 267 UKM.

Terkait capaian perusahaan, Tulus mengungkapkan, pada Juli 2020 mengalami peningkatan bila dibandingkan dengan Desember 2019. Disebutkan bahwa total aset tumbuh sebesar 34,32% atau menjadi Rp458,649 miliar. Dana masyarakat yang dihimpun turut tumbuh sebesar 40,12% menjadi Rp414,118 miliar dengan jumlah nasabah sebanyak 33.462 orang. Sementara itu untuk produk tabungan yaitu tabungan Semar dan Simba tercatat turut tumbuh.

Berbagai capaian kinerja dan inovasi dari Bank Klaten tersebut berhasil membuahkan prestasi yang membanggakan.  Prestasi yang mampu diraih antara lain dari Top Business dalam BUMD Award 2020, Bupati Klaten memperoleh penghargaan Top Pembina Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) atas kebijakan dan dukungan dalam penguatan BUMD terutama kebijakan KURDA dalam bentuk subsidi bunga UKM. Selain itu Bank Klaten juga sukses meraih Top BUMD predikat bintang empat dan Top CEO BUMD 2020.

”Secara keseluruhan kinerja keuangan PT BPR Bank Klaten (Perseroda) dalam kondisi baik dengan nilai tingkat kesehatan 94,8% atau sehat,”ujar Direktur Utama BPR Bank Klaten Tulus Yunianto saat memberi sambutan di acara Gebyar Hadiah 2020.  

Dikatakan  pada Selasa (25/8) salah satu perayaan hari jadi PT BPR Bank Klaten diselenggarakan dengan kegiatan Gebyar Hadiah 2020. Bank Klaten melakukan undian bagi nasabah Tabungan Semar dan Simba yang beruntung  memperoleh sejumlah hadiah menarik. Adapun hadiah utamanya berupa Mobil Toyota Calya, beberapa hadiah seperti Sepeda Motor, Mesin Cuci, Sepeda, Kulkas, Televisi dan hadiah menarik lainnya. Kegiatan tersebut digelar secara terbatas dan sederhana dengan memeperhatikan protokol kesehatan. Dalam kegiatan ini turut diserahkan bantuan sosial bagi anak yatim, lansia, dan masyarakat yang kurang mampu.

PDAM Klaten 

Sementara itu Direktur Utama PDAM Klaten Irawan Margono pada HUT ke-43 PDAM Klaten, Kamis, 10 September 2020 lalu mengungkapkan, meskipun di tengah pandemi covid-19, perkembangan manajemen PDAM Klaten cukup menggembirakan, penilaian kinerja PDAM mengalami kenaikan dari 6,69 tahun lalu menjadi 6,95 pada tahun 2020 ini. PDAM Klaten juga mendapat skor 3,95 dengan kategori PDAM sehat. Selian itu, hasil audit dari akuntan publik mendapat opini wajar tanpa pengecualian.

Irawan Margono menyatakan, pada HUT ke-43 PDAM Klaten juga diserahkan penghargaan Top BUMD Award 2020 yang diraih PDAM Klaten yang diterima pada 27 Agustus 2020 lalu. Bupati Klaten Hj Sri Mulyani  juga mendapatkan penghargaan sebagai Top Pembina BUMD.   

Sementara itu Bupati Klaten Hj Sri Mulyani dalam sambutannya mengatakan, Pemkab Klaten mengapresiasi BUMD Klaten baik Bank Klaten maupun PDAM Klaten. Termasuk pepeluncuran Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) milik PDAM ini merupakan langkah yang baik untuk Kabupaten Klaten. Terlebih apabila OPD mengadakan acara nantinya wajib menggunakan AMDK Tirta Merapi yang di produksi oleh PDAM Klaten.   

Hj Sri Mulyani berharap, inovosi usaha yang dilakukan PDAM Klaten dengan memproduksi air minum dalam kemasan ini semoga bermanfaat dan menjadi kebanggaan bagi Kabupaten Klaten.  

 Bupati Klaten Hj Sri Mulyani dalam kesempatan tersebut juga mengapresiasi kinerja PDAM Klaten.    Penghargaan yang diraih PDAM Klaten sebagai Top BUMD 2020 dan Top Pembina BUMD 2020 adalah wujud kerja keras yang membanggakan.

Ditambahkan, semoga kinerja PDAM Klaten bisa dipertahankan dan ditingkatkan. Pemkab Klaten sangat mendukung upaya difersifikasi usaha PDAM dengan memproduksi AMDK Tirta Merapi dan dalam membantu pemasarannya khusunya untuk instansi pemerintahan di Kabupaten Klaten agar setiap ada acara menggunajan AMDK Tirta Merapi PDAM Klaten.(Adm**) 

Share on Google Plus

Salam mattanes

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...