KANTOR DUKCAPIL SEDIAKAN PROGRAM SMART

Kantor Dinas Dukcapil Kabupaten Klaten



Mattanews.com -- KLATEN – Masyarakat yang masih bingung untuk mendapatkan pelayanan administrasi untuk mendapatkan Surat Keterangan Keluarg (KK), Identitas diri KTP, Akta Kelahiran dan lain sebagainya, dimasa pandemic covid 19 ini telah di buka Program Smart yang bekerja sama dengan Kecamatan dan Kelurahan/Desa. Demikian disampaikan Bagian Inovasi, Nyoman. Kamis (27/8) di kantor Dukcapil.

Lebih lanjut dijelaskan bahwa pelayanan dengan Tehnologi Informasi di harapkan memudahkan pelayanan kepada masyarakat, lebih lebih di masa pandemic Covid 19. Pedaftaran untuk mendapatkan pelayanan administrasi cukup datang ke Ke kantor Desa/kelurahan. Setelah di proses di Kantor Desa, pemohon akan diberikan pengantar untuk mengambil hasil di kantor Dukcapil Kabupaten Klaten.

“Memang program Smart ini, masih ada yang belum mengerti, sehingga kadang merasa di lempar kesana kemari. Namun setelah di jelaskan dan paham ternyata sangat memudahkan dan lebih cepat.” Jelas Nyoman.

Ketika ditanyakan tentang sosialisasi program Smart ini. Nyoman menjelaskan bahwa program ini sudah lama di sosialisasikan ke masyarakat masing tingkat Kecamatan hingga Desa. Bilamana ada satu dua, anggota masyarakat yang belum mengerti itu mungkin karena kesibukannya sehingga belum tersampaikan.

“Sosialisasi program Smart ini seharusnya sudah di sampaikan di tingkat RT/RW, sehingga masyarakat bisa memanfaatkan dan tidak harus dating ke Dukcapil untuk memprosesnya.” Tutur Nyoman Kembali.

Program Smart ini telah di SK Kan di masing masing Kantor Desa/Kelurahan sebanyak 351 Desa/Kelurahan dari jumlah 401 Kantor Desa/Kelurahan. Tinggal 50 Desa yang belum ada tenaga program Tehnologi Informatika (TI) nya. Hal ini bisa dilakukan di tingkat Kecamatan. (goes/Gandhi)

Share on Google Plus

Salam mattanes

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...