Hj Sri Mulyani: Uang Bantuan jangan Untuk Beli Pulsa.


Mattanews.com -  Klaten - Bupati Klaten Hj Sri Mulyani mengingatkan Bantuan Sosial Tunai (BST) dari Kementerian Sosial (Kemensos) RI dan Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari Dana Desa (DD) yang penyalurannya melalui Kepala Desa masing-masing, tidak boleh untuk membeli pakaian, pulsa maupun rokok. Tetapi agar dana bantuan tersebut digunakan untuk membeli kebutuhan sembako guna memenuhi kebutuhan bahan pangan keluarganya.

Pernyataan Bupati Klaten Hj Sri Mulyani tersebut disampaikan saat memberikan sambutan pada penyerahan secara simbolis BLT DD di Balai Desa Geneng, Kecamatan Prambanan, Klaten, Selasa, (9/6) Dalam kesempatan tersebut Bupati menyerahkan 69 BLT DD kepada  69 Kepala Keluarga (KK),  180 KK di Desa Randusari, Desa Joho 128 KK, Desa Bugisan 97 KK, Desa Pereng 100 KK dan warga Desa Cucukan 50 KK.
Bupati saat menyerahkan bantuan pada warga Klaten

“Saya pesen sama sampeyan semua, khususnya yang menerima bantuan langsung, agar menggunakan uang bantuan tersebut untuk keperluan yang perlu dan mendesak, terutama untuk membeli bahan kebutuhan pangan. Jangan buat beli rokok atau pulsa”, tegas Bupati dalam arahannya,

Sementara itu dari data yang ada saat ini terjadi peningkatan penerimab Bansos tahap II melalui jaring pengaman sosial (JPS) di Klaten sebanyak 61.559 KK. Sedang Pada tahap I yang dibagikan hingga akhir Mei 2020 lalu, Bansos Sembako Pemkab Klaten hanya menyasar kepada 33.670 KK. Peningkatan terjadi setelah adanya prposes validasi data dari Dinsos, dimana masih banyak warga yanga belum tercatat sebagai penerima bantuan.

Bantuan bansos Kabupaten tahap II yang akan dibagikan mulai bulan Juni tersebut masih menunggu proses  validasi data di  Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (Dinsos P3AKB) Kabupaten Klaten. Hal ini dilakukan akan tidak terjadi penerimaan batuan seaca dobel.

Lebih lanjut Bupati Klaten Hj Sri Mulyani menjelaskan, untuk Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bersumber dari Dana Desa atau DD dari 391 desa yang ada di Klaten untuk tahap I yang belum menyalurkan ada 10 desa karena masih proses Musyawarah Desa (Musdes). Kemudian yang sudah menyalurkan ada 381 desa dengan jumlah penerima sekitar 41.403 KK dengan dana lebih Rp24 miliar.

Sedang BLT DD tahap II yang disalurkan pada awal Juni 2020 telah tersalurkan di 10 desa, 381 desa masih daslam proses.  Jumlah KK yang sudah menerima BLT tahap II di Klaten ada sekitar  943 KK dengan total dana sekitar Rp565 juta.(med)

Share on Google Plus

Salam mattanes

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...