Banjir Rob Terjang Wilayah Pantura Jateng

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo

Mattanews.com Semarang - Ratusan rumah disepanjang pantai Pantai Utara (Pantura) di beberapa wilayah seperti  Brebes, Tegal, Pekalongan hingga Demak., diterjang banjir ROB hingga ketinggian lebih dari 1 meter dalam beberapa hari terakhir ini. Gubernur Jawa Tengah pun memerintahkan kepada semua Bupati dan Walkota yang berada di wilayah pesisisr untuk gotong royong melakukan tindakan penanganan awal agar tidak jatuh korban.

"Saya minta semua Bupati dan Wali Kota yang daerahnya terkena rob untuk turun kebawah melakukan langkah langkah antisipasi awal, agar tidak jatuh korban. Menyelamatkan jiwa dan melakukan tindakan darurat harus diutamakan, sambil menunggu bantuan dari Propinsi yang akan bersama sama turun membantu permasalahan tersebut”, demikian ditegaskan Gubernur Jawa Tengah Ganajar Pranowo saat ditemui wartawan dikantornya Kamis (4/6).

Menurut Ganjar berdasarkan laporan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) saat ini kita memasuki musim pancaroba  yang menyebabkan cuaca buruk, serta terjadinya gelombang laut cukup tinggi sehingga terjadi banjir rob di sejumlah wilayah. 

Sementara menyinggung kesiapaan jawa Tengah sendiri dalam menghadapi  bencana tahaunan tersebut, Ganjar menegaskan beberapaa mlangkah telah diambil Pemprov Jateng dengan membangun beberapa tanggul raksasa di sejumlah wilayah.

Misalnya di daerah Pekalongan telah dibuat tanggul raksasa senilai Rp m90 milliar yang di rencanakan  selesai dalam satu tahun anggaran. Dalam proyek ini Pemda Jateng bekerja sama dengan pihak BBWS selaku pemilik proyek.(tev)

Share on Google Plus

Salam mattanes

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...