ABK Asal Ceper Tambah Panjang daftar Covid-19 Di Klaten.


Mattanews.com Klaten -   RAZ lelaki lelaki berusia 28 tahun, menambah daftar panjang penderita positif covid 19 di Klaten. ABK (Anak Buah Kapal) warga kecamatan Ceper, Klatemn Jawa tengah ini Rabu (3/6) dinyatakan positif terkonfirmasi covid-19 dan kini dalam perawatan di RSD Bagas Waras Klaten.

Juru Bicara Satgas Gugus Percepatan Penanganan Pencegahan Covid-19, dr.Cahyono Widodo, M.Kes  menyampaikan terdapat penambahan satu pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Kab. Klaten. Sehingga jumlah pasien terkonfirmasi positif Covid-19 yang dirawat saat ini berjumlah 9 orang.
dr Cahyono Kepala Dinas Kesehatan Klaten

"Hari ini tambah 1 pasien terkonfirmasi positif Covid-19 berinisial RAZ (laki-laki), berusia 28 tahun berasal dari Kecamatan Ceper. Pasien diketahui berprofesi sebagai ABK (anak buah kapal) Sehingga kuat kemu8ngkinan yang berdsangkutan terpapar pada saat bekerja sebagai ABK." Demikian dijelaskan dr.Cahyono juru bicara gugus tugas  penagggulanagn Covid-19, yang juga Kerpala Dinas Kesehatan Klaten..

Menurut Cahyono menjelaskan kemungkinkan yang bersangkutan terpapar saat menjadi ABK sangat kuat, melihat dari rekam perjalanan yang bersangkutan sebelum sampai di Klaten. Sebelumnya yang bersangkutan telah mengikuti test swab pertama pada tanggal 22 Mei 2020 di Wisma Atlet Jakarta dengan hasil negatif. Selanjutnya yang bersangkutan menjalani test swab yang kedua pada tanggal 27 Mei 2020 di Jakarta. Sembari menunggu hasil test swab yang kedua keluar, yang bersangkutan dihimbau untuk menjalani isolasi mandiri sejak tanggal 27 Mei 2020.

“Yang bersangkutan tiba di Klaten pada tanggal 29 Mei 2020 dan isolasi mandiri dirumahnya. Kemudian pada tanggal 31 Mei 2020 hasil test swab kedua keluar dengan hasil positif. Saat ini yang bersangkutan telah menjalani perawatan di RSD Bagas Waras dengan kondisi baik.” tambah dr.Cahyono.

Lebih lanjut dr.Cahyono menjelaskan  saat ini Satgas sudah melakukan tracing/ pelacakan kepada orang-orang yang pernah kontak erat dengan pasien tersebut dan akan segera dilakukan rapid test. Dari beberapa pengalaman tersebut dr Cahyono menegaskan peran gugus tugas di tingkat RT/RW dan desa sangat penting dan dominan dalam upaya pencegahan dini penyebaran covid-19 di masyarakat.

untuk itu dirinya sangat menghimbau Gugus Tugas RT/RW lebih memperketat dalam memantau warganya yang baru saja pulang dari luar wilayah Klaten. Dan untuk warga yang baru saja pulang dari luar wilayah, segera untuk melaporkan kepada Gugus Tugas RT/RW dan mengisolasi dirinya selama 14 hari dirumah masing-masing. (tev)


Share on Google Plus

Salam mattanes

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...