970 Batu Nisan Terpaksa Dibongkar Di Terjang TOL BOCIMI

Proses pengerukan lahan tol BOCIMI 

Mattanews.com || Sukabumi Jawa Barat  - Setelah tertunda beberapa cukup lama Komplek Pemakaman Umum di Kampung Ciambar Kolot, Desa Ciambar  Kecamatan Ciambar, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat akhirnya mulai dibongkar. Pembongkaran yang dimulaisejak Sabtu pagi ( Sabtu pagi (30/5) setelah tanah pengganti untuk ratusan makam tersebut sudah tersedia.

Pembongkaran makam warga yang berisi sekitar 970 kuburan tersebut dilakukan karena Makam dan lahan disekitarnya terkena proyek jalan Tol Bogor – Ciawi – Sukabumi ( BOCIMI). Pemindahan ratusan batu nisan ke komplek makam baru yang terletak di dukuh Pasir Hantap yang berjarak sekitar 100 meter dari lokasi lama berjalan lancar.

Kepala Desa Desa Ciambar Suparkah kepada Indonesiatopline mengatakan proses pemindahan yang dilakukan sejak Sabtu pagi secara mandiri berjalan lancar, setelah sebelumnya dilakukan doa bersama. Sedang pemindahan makam di lokasi baru seluas 2 hektar yang berada di kampung Pasir Hantap sesuai yang disediakan pemerintah.
Proses pemindahan kuburan warga di Ciambar 
“ Proses pemindahan sudah berlangsung sejak Sabtu pagi mas. Semua berjalan lancar. Warga semua sudah bisa menerima keputudsan dari Pemerintah termasuk lokasi makam baru yang letaknya tidak terlalu jauh dari lokasi lama. Dan bagi para ahli waris mendapat bantuan sekitar 1,8 juta untuk beaya pemindahan”, ujarnya kepada Indonesiatopline Senin (1/6).

Dihubungi terpisah, Camat Ciambar Pendi Ependi S.ip mengatakan, kegiatan tersebut sudah dilaksanakan sejak kemarin dan berjalan dengan lancar. Termasuk proses pemakaman kembali yang dilakukan seperti pemakaman biasanya.

“Alhamdulilah semua berjalan lancar dan kondusif. Namun demikian untuk mengantisipasi sekaligus membantu kegiatan warga, petugas Satpol PP kita kirim kesana untuk melakukan pengawasan serta memantau proses jalannya pemindahan”, jelasnya.(tev)

Share on Google Plus

Salam mattanes

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...