Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil

Mattanews.com Bandung – Pemerintah Propinsi Jawa Barat, kemungkinan akan menyerahkan masalah penerapan PSBB (Pembatasan Sosial Bersekala besar) kepada Kabupaten/kota masing masing. Hal ini ditegaskan Gubernur Jawa Barat Emil Salim saat melakukan Vikon (video Konfrensi) bersama 27 Bupati dan Walikota se Jawa Barat dari gedung Pakuan Bandung Sabtu ( 16/5).

Keputusan tersebut diambil Gubernur menyusul masa pemberlakukan PSBB di wilayah Propinsi Jawa Barat akan segera berakhir. Dimana dari hasil evaluasi gugus tugas percepatan penanggulangan Covid-19 Jabar, selama 14 hari pelaksanaan PSBB, tiap daerah memiliki hasil berbeda. Sehingga penerapan PSBB tahap kedua diserahkan ke Kabupaten atau kota masing masing.

“ Hasil evaluasi menunjukkan, masih ada sekitar 50% daerah yang berada di Zona Merah. Sisanya, ada daerah yang termasuk dalam Zona Kuning dan Zona Biru. Hasil ini tentunya bisa dijadikan dasar keputusan Bupati atau Wali Kota akan melanjutkan PSBB di level kabupaten / kota masing-masing atau ada penyesuaian-penyesuaian,” Ujar Gubernur..

Menurut Kang Emil panggilaan akrab Gubernur jawa barat tersebut, dari 14 hari pelaksanaan PSBB akana berakhir, hasil evaluasi menunjukkan ada sekitar 50% (daerah) masih Zona Merah, 30 persen sudah membaik menjadi Zona Kuning, dan ada sekitar empat daerah menjadi Zona Biru. Dengan hasil ini lanjut Emil pelaksanaan PSBB skala provinsi akan dilanjutkan atau tidak dengan skala proporsional, akan dibahas dan ditentukan pada rapat tanggal 20 Mei mendatang.

“Jadi intinya tidak semua 27 kabupaten/kota melaksanakan PSBB. Kebijakan akan diserahkan kepada kepala daerah masing-masing. Untuk yang wilayahnya  masih 50 zona merah tetap melakukan PSBB Penuh Level 4, dan untuk daerah lain melakukan PSBB parsial." Tambahnya (tev)

Share on Google Plus

Salam mattanes

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...