RSD Bagas Waras Klaten Siapkan Ruang Isolasi, Antisipasi Pasien Terindikasi Virus Corona.

RSD Bagas Waras Klaten Jawa Tengah
KLATEN MATTANEWS.COM - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bagas Waras Klaten menyiapkan lima kamar ruang isolasi dan satu kamar ruang isolasi di Instalasi Gawat Darurat (IGD) guna guna mengantisipasi kemungkinan adanya pasien terindikasi Virus Corona. Selain itu rumah sakit juga telah menyediakan 2dokter specialist paru paru serta peralatan medis lainnya termasuk baju APD (alat pelindung diri) yang biasanya digunakan oleh tim kesehatan yang digunakan untuk penanganan khusu penyakit menular.

“ Sesuai arahan dari Menkes serta Bapak Presiden kita langsung bergerak menyiapkan semua kebutuhan yang diperlukan guna menyiapkan rumah sakit untuk melayani pasien yang terindikasi terkena virus corona atau corvid-19, Bagas Waras Klaten telah menyiapkan satu ruang isolasi dibagian IGD dan 5 ruang isolasi di ruang bangsal”, demikian ditegaskan Direktur rumah sakit daerah Klaten Jawa Tengah dr Limawan Budi Wibowo M.Kes saat ditemui wartawan diruang kerjanya kemarin ( 8/3).
Dirut RSD Bagas Waras dr Limawan Budi Wibowo.M.Kes 
Dijelaskan lebih lanjut ruangan isolasi ini disiapkan  mengantisipasi jika ada temuan pasien yang mengalami gejala mirip corona, selanjutnya jika ada indikasi kuat yang ditentukan tim yang diketuai oleh dokter paru, baru dirujuk ke RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro sebagai rumah sakit rujukan bagi penderita virus korona di Klaten.
Menerut Limawan persiapan yang dilakukan oleh RSD Bagas waras tidak sebatas menyediakan ruang isolasi perawatan, namun juga melakukan berbagai penyuluhan dan himbauan diberbagai kesempatan termasuk kepada pengunjung RSD Bagas waras Klaten, tentang penyakit corona serta upaya pencegahannya, termasuk bagaimana cara melakukan cici tangan yang baik dan benar. Selain itu setiap pengunung rumah sakit juga diwajibkan serta disarankan selalu mencuci tangannya dengan Hand Sanitazier yang telah disediakan disetiap sudut ruangan.
Ruang Isolasi untuk pasien terindikasi virus Corona

Namun demikian menurut Limawan hingga saat ini, belum ada pasien yang mengalami keluhan seperti temuan pasien mirip Corvid-19, yang berobat atau dirawat di RSD Bagas Waras. Dirinnya berharap mudah mudahan tidak ada masyarakat Klaten dan sekitarnya yang terindikasi atau terkrena virus Corona. “Hingga saat ini tidak ada pasien dengan yang dirawat dengan keluhan seperti gejala terkena virus Corona. Mudah mudahan tidak ada”, harapnya.

Kepada masyarakat Klaten Limawan menghimbau agar tidak panik atau mudah termakan isu hoaxs tentang corona. Yang paling utama menurut Limawan warga harus berperilaku hidup sehat, agar daya tahan tubuh tetap vit,  menjaga pola makan yang baik, cukup olah raga, cuci tangan dengan benar, menggunakan masker jika sedang sakit. Karena itulah cara yang paling baik guna mencegah penularan virus corona.
Ruang Isolasi di bagian IGD Bagas Waras Klaten

“Yang penting jangan panik atau mudah termakan berita hoaxs, membiasakan berprilaku hidup sehat, jaga pola makan, berolaha raga, cuci tangan yang benar itu cara efektif untuk mencegah penularan virus korona”, ujar Limawan.(tev)
Share on Google Plus

Salam mattanes

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...