Melalui Media Sosial, Bawaslu Klaten Ajak Masyarakat Awasi Pemilukada


Mattanews.com -Klaten - puluhan admin Media sosial Klaten diundang Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Klaten di Hotel Grand Tjokro , Kamis (26/12) dalam rangka sosialisasi pengawasan pencegahan terjadi pelanggaran pemilukada serantak 2020.
Bawaslu sendiri merasa kurang personil dalam pengawasan, terutama yang berhubungan dengan media sosial, sehingga dibutuhkan bantuan dari masyarakat baik admin medsos mapun lainya untuk ikut serta dalam pengawasan dan pencegahan terjadinya pelanggaran.
"Karena admin media sosial yang bisa menyaring postingan masyarakat yang mungkin nanti akan jadi permasalahan dibelakang" Ujar Arif fatkhurohman, Ketua Bawaslu Kabupaten Klaten.
Menurut Arif, melalui media sosial diharapkan dapat menyebarkan informasi terkait tahapan-tahapan dalam pemilukada serta apa yang boleh dan tidak boleh diposting dimedia sosial, sehingga diketahui masyarakat secara luas.
"Saat ini baru tahapan pemutakhiran data pemilih dan pendaftaran calon perseorangan, dan semua masih boleh belum ada larangan" Terangnya.
Lebih lanjut Arif menjelaskan,agar diketahui masyarakat, mungkin saat ini menurut anggapan masyarakat sudah masuk dalam pelanggaran tapi sebenarnya belum dan itu salah satu yang perlu kita komunikasikan dengan masyarakat melalui media sosial.
Selaku ketua Bawaslu Arif Fatkhurohman menghimbau agar masyarakat bijak serta dewasa dalam bermedia sosial, tidak asal comot dan posting informasi yang tidak jelas sumbernya, sehingga tidak menimbulkan kegaduhan.
Dirangkulnya admin dan aktivis media sosial oleh Bawaslu dirasa sangat tepat oleh Dwi Harjoko, salah satu aktivis media sosial asal Jatinom. Menurutnya Bawaslu butuh peran masyarakat untuk ikut mengawasi jalannya pemilukada terutama melalui media sosial. Karena saat ini media sosial lebih cepat dalam menyebarkan informasi di banding media lainnya.
Selain pengawasan melekat dan keterlibatan masyarakat juga dibutuhkan tindakan tegas Bawaslu dalam menindak lanjuti laporan pelanggaran pemilu oleh masyarakat.
"Bawaslu harus konsisten dan menindak tegas pelanggaran yang dilaporkan masyarakat" Ungkap Dwi Harjoko admin medsos Radar Jatinom usai mengikuti sosialisasi Bawaslu di Grand Tjokro.(Hil)
Share on Google Plus

Salam mattanes

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...