Gelar Reses Hartanti Siap Perjuangkan Keluarga Penyandang Disabilitas


Mattanews.com -Klaten- Puluhan masyarakat yang tergabung dalam kelompok Forum Komunikasi Keluarga Difabel (FKKD) mendapat kehormatan untuk menyampaikan aspirasi pada Hartanti salah satu anggota dewan dari Fraksi PDI Perjuangan  Komisi dua DPRD Klaten. Jumat (29/11).

Forum tersebut dipergunakan oleh orang tua anak penyandang disabilitas untuk menyampaikan uneg-uneg dan keluh kesah mereka kepada wakil mereka untuk menyampaikannya kepada pemerintah.
Seperti halnya yang di sampaikan oleh Salah satu orang tua penyandang disabilitas, bahwa sebagai orang tua dari anak penyandang disabilitas membutuhkan banyak energi dan biaya dalam perawatan, sehingga butuh peran pemerintah dalam pendampingan, namun hingga saat ini peran pemerintah dirasakan belum optimal dalam memihaki penyandang disabilitas, terutama dalam pepenyaluran bakat anak penyandang disabilitas.

"Sebenarnya banyak keluhan yg pingin disampaikan, tapi satu hal yg perlu mendapat perhatian khusus dari pemerintah yaitu penyaluran anak berbakat dari penyandang disabilitas" Ujar Murni, salah satu audiens serap aspirasi dari Sabranglor, Trucuk. Klaten.

Lain halnya dengan Wening Sasono salah satu aktifis pendamping disabilitas di Pusat Pengembangan, Pelatihan,  dan Rehabilitasi Bersumberdaya Masayarakat (PPRBM) yang juga hadir dalam pertemuan itu menuturkan bahwa, banyak program pemerintah yang di alokasikan untuk anak yang berkebutuhan khusus, namun belum optimal terserap ke masyarakat.

"Ini merupakan salah satu kerja TKSK dalam pendataan dan penyampaian program pemerintah yang berhubungan dengan keluarga berkebutuhan khusus, karena banyak program pemerintah yang belum optimal" Ujar Wening Sasono.

Lebih lanjut Wening menjelaskan terkait TKSK dan kemiskinan, keluarga dengan anak disabilitas bisa dimasukan sebagai penerima PKH, karena mereka masuk dalam katagori keluarga miskin.

" Adanya pengurangan penerima PKH saat ini, Teman-teman TKSK bisa mengusahakan keluarga dari penyandang disabilitas masuk dalam Penerima PKH" sarannya.

Dari pertemuan serap aspirasi dengan keluarga penyandang kebutuhan Khusus, Hartanti selalu anggota DPRD Kabupaten Klaten merasa sangat terharu, selama ini dirinya belum pernah bertemu dengan teman-teman disabilitas, untuk itu dirinya berjanji akan berusaha memperjuangkan aspirasi yang telah diamanahkan.

"Saya akan berusaha perjuangkan aspirasi teman - teman FKKD yang telah mereka sampaikan dalam forum ini" Ujar Hartanti usai pertemuan dalam kegiatan serap aspirasi di kediamannya.

Forum Komunikasi Keluarga Disabilitas (FKKD) menurut Tomas selaku  pendamping, merupakan wadah berkumpulnya keluarga yang konsen terhadap ibu dan anak penyandang kebutuhan Khusus.
FKKD berdiri secara resmi sejak April 2019 dan sudah memiliki badan hukum yang disahkan oleh Kemenkumham. Untuk sementara sekretariat berada di desa Bero, Kecamatan Trucuk, Keanggotaan FKKD sudah meliputi lima Kecamatan di Dapil lima. (Hil)

Share on Google Plus

Salam mattanes

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...