Klaten Gelar Festival Dalang Cilik Peringati Hari Dalang Sedunia.

Klaten Mattanews.com - Dalam rangka memeriahkan Hari Wayang Sedunia 7 November  2019, Dewan Kesenian (Wankes) Kabupaten Klaten menggelar festival dalang anak di Halaman Gedung Sunan Pandanaran RSPD Klaten, Selasa, (5/11)  yang diikuti 7 dalang anak dari Kabupaten Klaten.

Acara pembukaan festival dalang anak dihadiri Bupati Klaten yang diwakili Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Klaten, Endang Hadiyanti dan Ketua Harian Wankes Klaten, FX Setyawan DS SH MM MH. Juga hadir dalam kesempatan tersebut sejumlah dalang antara lain Ki Mulyono Purwo Wijoyo, Ki Tomo Pandoyo, Ki Gandung Sunarno dan sejumlah dalang lainnya.
Salah satu dalang peserta festival

Sekretaris Umum Wankes Klaten Djoko Sarjono mengatakan, tujuh dalang anak yang tampil pada festival dalang anak sesuai urutan tampil masing-masing Guruh Cahya Kirana dari Planggu Trucuk dengan lakon Dewa Ruci, Kunta Wijaya dari Juwangi Candirejo Ngawen dengan lakon Kangsa Adu Jago, Sigro Jumangkah dari Tibayan Jatinom dengan lakon Gatutkaca Lahir.

Kemudian Hanung Tri Widyantoro dari Jonggo Namengan Karangasem Cawas dengan lakon Sugriwa Subali, Muhammad Aziz Nugrahajati dari Tawangsari Kemiri Tulung dengan lakon Sesaji Raja Suya, Raihan Langgeng Nigrahanto dari Senden Ngawangga Ceper dengan lakon Wisanggeni Lahir dan Andreas Praditya Nugraha dari Methuklor Tegalyoso Klaten Selatan dengan lakon Aji Narantaka.

Dewan juri dalam festival tersebut antara lain Dr Suratno SKar MMus dari Sukoharjo, Ki Suwito Radyo dari Wankes Klaten dan Drs Nuryanto Putra MHum dari ISI Yogyakarta. Para panitia festival dalang anak diantaranya Pelindung H Sunarna SE MHum, Penasehat FX Setyawan DS SH MM MH, Ketua Gandung Sunarno, Sekretaris Gunawan, Bendahara Ki Kusni.(di/tev) 

Share on Google Plus

Salam mattanes

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...