BPBD Klaten Siapkan 55 Unit Senso Hadapi Ancaman Bencana Musim Penghujan.

Relawan Kebencanaan Klaten siap diterjunkan
Klaten Mattanews.comBPBD Kabupaten Klaten menyiapkan 55 unit senso (mesin potong kayu), puluhan mantol jas hujan, senter sokle, diesel serta peralatan lain guna menghadapi musim penghujan. Selain itu BPBD juga telah mempersiapkan sekitar 550 relawan yang siap terjun kelokasi jika terjadi bencana.

“Saat ini kami telah menyiapkan berbagai peralatan kebencanaan, baik berupa alat ringan seperti senter, jas hujan, pesawat handy talky, senso hingga peralatan berat seperti truk angkutan hingga mobil derek. Selain itu kita juga sudah siapkan sekitar 550 tenaga relawan dari berbagai komunitas yang sewaktu waktu siap terjun ke lapangan jika ada bencana”, demikian ditegaskan Sip Anwar SE.MSi kepala BPBD Klaten saat melakukan koordinasi dengan semua unsur relawan yang ada di selter desa Menden Kecamatan Kebonarum Selasa (19/11)

Komunitas relawan yang hadir dalam acara tersebut antara lain dari Semut Geni Klaten,  Taruna Siaga Bencana Indonesia,  Tagana Kementerian Soail,  Tim Komunikasi Cepat RAPI,  Orari, Gaden Reaksi Cepat dan relawan lainnya yang jumlahnya sekitar 550 relawan. Dalam kegiatan dilapangan nantinya relawan akan bekerja sama dengan semua unsur yang ada baik TNI/Polri serta masyarakat.


Dijelaskan lebih lanjut  temu relawan penanggulangan bencana mengambil tema Peningkatan kapasitas relawan untuk mengembangkan forum pengembangan resiko bencana di Kabupaten Klaten dalam rangaka koordinasi dalam menghadapi kondisi cuaca dan iklim, apalagi Klaten termasuk sebagai daerah rawan bencana. Baik berupa erupsi Merapi, gempa, kekeringan hingga bencana  angin puting beliung,  tanah longsor serta banjir dimusim penghujan.(mastev)
Share on Google Plus

Salam mattanes

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...