Sistim Zonasi PPDB, Sekolah Prioritaskan Siswa Terdekat.

KLATEN MATTANEWS.COMDengan adanya sistim zonasi dalam penerimaan peserta didik baru tahun 2019 – 2020 tahun ini, sekolah akan memprioritaskan siswa terdekat sesuai jangkauan zonasi yang telah ditentukan. Sistim penerimaan ini mengacu surat edaran menteri pendidikan serta Gubernur Jawa Tengah tahun 2019 tentang zonasi sesuai Permendikbud nomor 51 tahun 2018 tentang PPDB penerimaan siswa baru.
 
Suharjo Wakil ketua MKKS Klaten 
“Sesuai aturan ini maka sekolah akan lebih memprioritaskan siswa terdekat dalam proses penerimaan siswa tahun ini. Sementara kuota untuk calon siswa terdekat mencapai 90 persen, dimana sisa 5 persen untuk jalur prestasi dan 5 persen untuk jalur pindahan luar kota karena mengikuti dinas orang tua”, demikian ditegaskan Suharjo wakil ketua MKKS tingkat SMA Klaten.

Dengan sistim ini lanjut Harjo nantinya akan ada pemerataan prestasi dan kesempatan belajar bagi anak-anak, sekaligus akan menekan pengeluaran bagi siswa atau orang tua karena jarak tempuh sekolah dekat dengan tempat tinggal. Selain itu sekolah yang dekat dengan tempat tinggal siswa akan semakin menumbuhkan rasa memiliki dan mencintai pada sekolah itu sendiri.

Saat ini di Klaten ada sekitar 50 sekolah menengah atas di Klaten baik swasta atau negeri. Dann untuk proses PPDB sendiri dimulai pada 17 Juni mendatang . Pada tahap awal siswa datang langsung ke sekolah yang dituju untuk mendapatkan berkas. Sentara akun pendaftaran online dimulai tanggal 17-18 juni mendatang.(nggih/tev)


Share on Google Plus

Salam mattanes

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...