Warga Klaten Sehat Bersama RSD Bagas Waras.

RSD Bagas Waras Klaten
KLATEN MATTANEWS.COM – Kabar gembira bagi masyarakat Klaten dan sekitarnya, khususnya bagi mereka yang memiliki gangguan kesehatan penyakit jantung gigi atau mulut. Karena di usianya yang ke 3 RSD Bagas Waras Klaten kembali membanguan fasilitan poliklinik Jantung dan bedah mulut dua lantai dengan peralatan medis yang lebih canggih. Kebijakan ini merupakan komitmen RSD Bagas Waras dalam memberi layanan kesehatan yang terbaik dan paripurna bagi pasien.  

Dengan dibangunnya gedung baru nanti, diharapkan pelayanan kesehatan di RSD Bagas Waras dapat lebih maksimal dan mumpuni. Masyarakat Klaten dan sekitarnya yang mempunyai gangguan kesehatan khususnya penyakit dalam akan dapat lebih terlayani dengan baik dan frofesional. Dengan dibangunnya dua poli bedah mulut dan Jantung, maka layanan poli kesehatan di RSD Bagas Waras Klaten semakin lengkap.

“Ini merupakan komitmen Bupati Klaten dalam upaya menyediakan jasa layanan kesehatan bagi warga Klaten, agar meraka tak perlu jauh-jauh berobat, karena semua sudah ada dan terklayani di RS Bagas Waras Klaten. Keinginan dan komitmen Bupati tersebut kita sikapi dan kita tindak lanjuti dengan semakin melengkapi semua peralatan medis dan non medis yang modern serta tenaga medis yang professional dan ahli di bidangnya”, demikian ditegaskan Direktur RSD Bagas Waras dr.Limawan Budi Wibowo M.Kes.
Direktur RSD Bagas Waras Klaten dr Limawan Budi Wibowo.M.Kes
Menurut Limawan, saat ini semua peralatan medis yang dimiliki RSD Bagas Waras serba canggih dan modern. Mulai dari peralatan oprasi bedah umum, bedah mulut, alat pendeteksi vena, alat foto terapi,infant wormer, incubator, alat cuci darah, dan lainnya. Selain itu RSD Bagas Waras Klaten telah lama dilengkapi alat medis CT Scan sangat canggih yang disebut- sebut terbaik dibanding  semua rumah sakit yang ada di wilayah Surakarta.

Selain semua peralatan medis lainnya yang sudah ada, saat ini RSD Bagas Waras  telah membeli 4 macam alat medis canggih lainnya yang berfungsi untuk menunjang proses bedah dan penanganan penyakit agar lebih cepat praktis dan tepat. Empat alat tersebut antara lain, Laparos Copy alat bedah dengan resiko minimal invatif, Endoscopy alat untuk memeriksa rongga tubuh dengan endoscop untuk diagone dan teraphy, Brancoscopy alat untuk viovalisasi fraktur dan bronkus, serta panoramit yakni fotorotngen untuk mendapatkan gigi dan jari lunak disekitarnya. Penambahan berbagai alat canggih dan poliklinik tersebut menurut Limawan juga dibaarengi dengan penyediaaan dokter dan tenaga medis yang handal dan frofesional.
Ruang  poli perawatan THT

“Mudah-mudahan gedung untuk poli jantung dan bedah muluit segera selesai. Penambahan alat medis dan gedung tentunya akan kita barengi dengan penyediaan dokter dan tenaga medis yang ahli dan professional. Bahkan saat ini ada beberapa tenaga medis perawat dan dokter yang kami sekolahkan lagi untuk lebih memperdalam dan ahli dalam menggunakan peralatan canggih yang baru”, ujarnya.

Terkait layanan bedah mulut dan perawatan gigi terpadu, ditegaskan Limawan layanan poliklinik gigi terpadu dengan bedah mulut sudah ada sejak rumah sakit berdiri. Namun diakui untuk ruang bedah mulut memang masih jadi satu dengan ruang periksa gigi, sehingga perlu dibuatkan ruang poli khusus bedah mulut yang lebih besar nyaman. Sehingga layanan kesehatan yang diberikan dokter dapat lebih prima dan baik.” Untuk layanan bedah mulut sudah ada sejak dulu. Kini kami membangun ruang yang lebih besar karena jumlah pasiennya terus meningkat, disamping adanya penambahan peralatan medis yang lebih canggih untuk melengkapi alat yang sudah ada”, ujarnya.
Alat CT Scan canggih milik RSD Bagas Waras Klaten
Selain peralatan medis canggih dan modern yang ditunjang tenaga medis professional yang ahli dibidangnya RSD Bagas Waras dilengkapi dengan bangsal khusus anak, dimana tersedia bengsal perinatal dan bangsal gabung yang diperuntukkan bagi para ibu hamil yang akan melahirkan. Disini dengan tenaga medis yang professional serta peralatan canggih, bayi yang lahir dengan mengalami gejala kelainan langsung dapat ditangi dengan cepat. Selain itu ibu melahirkan juga dimanjakan dengan disediakannya ruang rawat gabung, dimana setelah ibu melahirkan langsung bisa bersama sang bayi dan memberikan ASInya, hingga usai perawatan persalinan.

Dengan tersedianya bangsal ini, maka diharapakn proses persalinan dan perawatan bayi dapat dilakukan lebih teliti dan higenis, sehingga kondisi bayi dan ibunya tetap terjaga kesehatannya, terpantau perkembangannya dari detik ke detik. Dengan perwatan  ini 
diharapkan akan mampu menurunkan angka kematian anak dan ibu setelah melahirkan.
Ruang perinatal khusus perawatan bayi

Untuk bangsal khusus anak tersebut dilengkapi dengan fasilitas kebutuhan bayi . Mulai ruang ber AC, alat foto teraphi, Inkubator, Infant wormer serta alat lain yang memugkin bayi dan ibu yang baru melahirkan mendapat layanan yang kesehatan prima. Selain ruang yang ditata sesuai dengan kebutuhan anak, semua jendela kamar diberi teralis demi menjaga keamanan bayi, dimana sering terjadi kehilangan bayi dirumah sakit. Untuk tiap - tiap bangsal diisi oleh sekitar 14 tenaga yang ahli di bidangnya. Mulai dari tim medis seperti dokter,perawat, dokter specialis serta non medis lainnya.

Daya tampung pasien lanjut Limawan tiap bangsal tersedia 22 bed tempat tidur. Bangsal anak usia 1 hingga 17 tahun dengan komposisi 12 bed untuk kelas 3, 8 bed kelas 2 dan kelas 1 ada 2 bed. Bangsal rawat gabung untuk ibu an bayi yang baru melahirkan jumlahnya sama. Sedang untuk ruang perinatal ada 11 bed khusus untuk bayi yang baru lahir namun kondisinya kurang sehat.
Ruang fisioteraphi dengan peralatan modern
”Sesuai dengan motto kami yakni Ramah Dan cepat dalam Pelayanan, Cekat dan Tepat dalam Penanganan maka RSUD Bagas Waras siap menuju rumah sakit yang unggul dalam pelayanan, paripurna serta berkeadilan dimana mengutamakan pemenuhan kebutuhan anak dalam layanan kerumahsakitan, menjadi salah satu skala prioritas rumah sakit ini”, ujar Limawan. (advetorial)

Share on Google Plus

Salam mattanews com

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...