Puskesmas Kebondalem Lor Berharap Naik Tingkat. Usai Jalani Akreditasi

Unit layanan pendaftaran Puskesmas Bondalem Lor
KLATEN  MATTANEWS.- Untuk menunjang fasilitas kesehatan masyarakat, baik dari sisi kualitas dan fasilitas pelayanan serta pelayanan adminstrasi, tim komisi akreditasi dari kementrian kesehatan RI melakukan penilaian akreditasi di Puskesmas Kebondalem Lor, Prambanan Klaten Jawa Tengah. Penilaian yang dilakukan Rabu (7/11) dimaksud guna memastikan semua layanan kesehatan di Puskesmas Klaten memiliki standar pelayanan yang telah ditetapkan.

Penilaian Akreditasi merupakan ketentuan baku yang harus dilakukan pada semua pelayanan kesehatan masyarakat yang tertuang dalam peraturan kesehatan nomor 41 tahun 2015, yang mengamanatkan pemerintah daerah untuk melakukan akreditasi terhadap seluruh fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP) yang meliputi, Puskesmas, dokter gigi, klinik  serta dokter praktek.

Sementara dalam penilaian di Puskesmas Kebondaler Lor tim akreditasi di bagi menjadi 3 tim yang meliputi bidang yakni Unit Kelayakan Pelayanan (UKP), bidang administrasi serta bidan atau UKM. Dalam kegiatan ini tim melakukan penilaian serta arahan agar Puskesmas mampu meningkatakan kinerjanya disemua sektor mulai dari jasa pelayanan, layanan medis kesehatan serta administrasi, sesuai dengan standar pelayanan yang telah ditentukan.

Hasil akreditasi nantinya akan diserahkan kepada Dirjen Kementrian kesehatan RI untuk dilakukan penilaian dalam waktu 1 bulan. Dari hasil tersebut nantinya Puskemas akan digolongkan pada 4 tingkatan yang ada yakni Puskesmas dasar, Puskesmas Madya, Utama atau tingkat Paripurna. Semenetara dari keteraangan salah satu tim penilai, kondisi pelayanan di Puskesmas Kebondaler Lor sudah cukup baik, sementara fasilitas medisnya sangat baik.

Kepala Puskesmas Kebondalem Lor Saeful mengatakan pada atahun 2017 Puskesmas Kebondalem Lor sudah ikut akreditasi. Saat itu lolos dengan dengan tingkatan tingkat Puskesmas Madya. Diharapkan pada kesempatan akreditasi kali ini Puskemas yanag dipimpinya bisa naik lolos lagi dan naik pringkat menjadi kelas Utama.

“Semua persiapan telah kita lakukan. Dan selama ini kami semua terus melakukan perbaikan di semua sektor. Mulai dari keramahan pelayanan pada pasien, tindakan medis yang cepat, tepat dan baik, pengelolaan manajemen administrasi yang baik dan terti serta disiplin masuk keja yang baik. Kita berharap Puskesmas ini bisa lolos dengan hasil yang memuaskan”, harapnya.

Puskesmas Kebondalem Lor, selama ini mampu menjadi alternatif pilihan warga Praamabanan dan sekitarnya, karena layanan kesehatannya yang baik dan ramah. Selain itu peralatan serta tenaga medis yang semakin memadai, membuat banyak warga yang lebih senang memeriksakan kesehatannya di sini dari pada harus ketempat lain yang lebih jauh.

Berbagai fasilitas kesehatanpun sudah mulai lengkap tersedis, mulai dari klinik umum. gigi mata anak serta layanan gawat darurat untuk penanganan pertama. Layanan kesehatan bagi pasien umum dan BPJS semua dilayani dengan baik, ramah cepat, dan nyaman (advetorial.)


Share on Google Plus

Salam mattanews com

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...