SD Negeri Buntalan I Klaten Gelar Latihan Manasik Haji.

Siswa siswi saat mengintari Ka'bah.
KLATEN MATTANEWS.COMSedikitnya 138 siswa/siswi SD Negeri Buntalan I Klaten, Jawa Tengah menggelar acara latihan manasik haji. Kegiatan yang berlangsung di lapangan Kokrosono Buntalan Klaten Sabtu (6/10) ini dimulai sejak pukul 07.00 hingga pukul 10.15. Dalam kegiatan tersebut semua peserta mulai dari kelas 1 hingga kelas 6 serta para guru dan pembimbing menggunakan pakaian ikhrom putih.

Kepala sekolah SD Negeri Buntalan I Wiyatno SPd.SD, didampingi ketua penyelenggara Sri Suharti Spdi kepada wartawan menjelaskan kegiatan manasik haji merupakan program outing class yang baru pertama kali dilakukan di SD Buntalan I. Dan kegiatan ini nantinya akan terud dilakukan di tahun tahun berikutnya.

Menurut Wiyono SD Negeri Buntalan I yang dipimpinnya banyak memiliki kegiatan extra kulikuler atau outing class yang harus diikuti siswa. Mulai dari kegiatan Karawitan, Tari, pramuka, BTQ, Outbond, dan sekarang tambah manasik haji.
Wiyatno Kepala sekolah dan Sri Suharti ketua penyelenggara
“ Berbagai kegiatan extra atau outing class memang harus diikuti siswa, tergantung dengan kemampuan dan minat siswa itu sendiri. Sedang kegiatan Manasik yang merupakan agenda baru juga akan terus kita lakukan setiap setahun sekali. Sehingga kami berharap selain pengetahuan ilmu pendidikan dan ketrampilan siswa yang lulus dari sekolah ini memiliki jiwa budi pekerti serta aklaq yang baik, dengan wawasan dan pengetahuan agama yang baik dan benar”, ujar Wiyono kepala sekolah yang pernah mengeyam pendidikan di SMP Negeri III Klaten lulusan tahun 1979 ini.

Sementara itu Sri Suharti selaku ketua peyelenggara menjelaskan kegiatan manasik haji bertujuan agar sejak dini anak-anak sudah mengerti dan belajar agama dengan benar dan baik. Sejak dini anak diberi dasar dasar ilmu agama agar terbentuk karakter siswa yang agamis, bertanggung jawab dan mandiri. Sedang kegiatan manasik haji sendiri mulai dari cara Thowaf, wukuf melempar jumroh dan lainya.
Neo Ramadhan Teguh Pamungkas.

Dalam kegiatan ini pihak sekolah mengerahkan sedikitnya 20 tenaga pembimbing, mulai dari para guru SD, beberapa tenaga pembimbing dari yayasan Muhammadiyah, serta pihak Puskesmas sebagai tenaga. 

Sementara Neo Ramadhan Teguh Pamungkas, siswa kelas 1 yang berhasil diwawancari mengaku senang mengikuti acara manasik haji yang diselenggarakan sekolahnya. Sebelumnya dirinya juga pernah belajar manasik haji saat masih di bangku TK. "Senang ikut manasik haji. karena besok kalau sudah besar pingin naik haji", ujarnya. (tev)   

Share on Google Plus

Salam mattanews com

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...