Ribuan Warga Berebut Apem Bertuah Di Saparan Yaqowiyu Jatinom.

Suasana rebutan apem di Saparan Jatinom
KLATEN MATTANEWS.COMRibuan warga dari berbagai daerah dan penjuru kota berebut apem di acara tradisi saparan(Yaqowiyu) yang digelar di halaman lapangan oro- oro ombo yang terletak di selatan komplek masjid besar Jatinom, Klaten Jawa Tengah. Sekitar 6 ton apem Jum’at siang disebar dalam perayaan tersebut untuk diperebutkan. Tradisi ngalap berkah ini merupakan warisan tradisi budaya turun-temurun sejak jaman Ki Ageng Gribig alah satu murid wali songo dalam siar agama Islam.

Sebelum disebar gunungan apem terlebih dahulu diarak oleh para santri dan diletakkan di Masjid besar untuk didoakan. Baru seusai sholat Jum’at gunungan apem dibawa ke menara yang terletak di lapangan oro-oro ombo (oro –oro Tarwiyah) dan selanjutnya disebar dari atan menara dengan ketinggian sekitar 25 meter. Sementara ribuan warga yang ada dibawah saling berebut untuk mendapatkan.

Mengikuti ngalap berkah, bagi mereka yang masih yakin dan percaya, apem yang disebar memiliki tuah atau rahmat. Sehingga mereka yang dapat biasanya disimpan untuk digunakan sesuai keinginannya. Misalnya untuk kelancaran usaha, cari jodoh, pertaniannya subur dan panennya baik dan lainnya.
Airlangga Hartarto didampingi Ganjar Pranowo
Dalam setiap bulan Sapar kegiatan turun temurun ini warga selalu menyebar apem sekitar 6 ton kepada para pengunjung. Apem sendiri didapat dari partisipasi warga sekitar yang secara suka rela membuat apem untuk diserahkan pada panitia perayaan.

Dalam perayaan tahun ini tampak menteri perindustrian Airlangga Hartarto dan gubernur Ganjar Pranowo yang hadir dalam kesempatan tersebut rela untuk terinjak-injak pengunjung karena ikut berebut apem yang disebar. Menurutnya mengikuti perayaan Saparan kali ini telah mengingatkan dirinya saat masih kecil sering datang ke Saparan Jatinom. “Dulu saat masih kecil saya sering dan senang datang ke saparan”, ujarnya.(nggih/red)


Share on Google Plus

Salam mattanews com

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...