Edy Susanto Warga Troso, Ubah Limbah Plastik Jadi Bahan Bakar

KLATEN MATTANEWS.COMMenyusul adanya kenaikan harga BBM, Edi Susanto seorang warga dea Troso, kecamatan Karanganom, Jatinom melakukan uji coba membuat BBB murah dan ramah lingkungan. Dengan memanfaatkan limbah plastik dirinya berhasil mengubah sampah plastik menjadi bahan bakar sehingga mampu mengurangi pengeluaran dan ikut mengurangi pencamaran akibat limbah sampah plastik.

Dengan peralatan seadanya warga Teroso ini berhasil membuat peralatan sederhana yang mampu merubah plastik menjadi bahan bakar minyak atau Pirolysis. Dari 1 kilogram sampah pelastik bersih, mesin ciptaanya mampu menghasilkan 3 jenis BBM yakni BBM setara dengan premium, solar dan minyak tanah. Sedang uap hasil pembuatan diguakan untuk menghidupkan alat itu sendiri.
 
Mesin Nusantara penghasil BBM 
Proses pembuatan BBM limbah plastik memerlukan waktu cukup singkat. 1 kilo sampah plastik yang sudah dicuci bersih mampu menghasilkan sekitar 0,8 liter BBM. Sementara dalam setiap pembakaran 30kg sampah memerlukan waktu pembakaran sekitar 4 jam. BBM hasil karyanya telah diuji cobakan untuk menghidupkan beberapa mesin dan sepeda motor.

Edy Susanto kepada wartawan menjelaskan mesin ciptaanya yang diberi nama Mesin NUSANTARA yang artinya Nuansa Pengolah Sampah Setara ini akan segera dipatenkan. Namun sebelumnya, dirinya akan membawa hasil produksi BBM ciptaanya ke laboatorium terlebih dahulu. Jika hasilnya positip maka mesin ciptaanya akan lebih disempurkan sebelum  dipatenkan.

“ Apa yang saya lakukan karena saya prihatin melihat limbah pelastk disekitar yang dibuang percuma dan sangat mencemari kesuburan tanah. Maka seiring adanya kenaikan BBM saya dan beberapa teman melakukan serangkaian uji coba dan hasilnya seperti yang anda lihat sendiri. Sehingga dari hasil ini kami bisa mengirit BBM unruk keprluan sehari-hari”, ujarnya. (nggih)


Share on Google Plus

Salam mattanews com

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...