Disperindagkop-UMKM Klaten Gelar Pameran Ekonomi Kreatif

KLATEN MATTANEW.COM - Sekitar seratus stand pelaku enomomi kreatif memenuhi komplek dan gedung RSPD klaten dalam gelaran pameran Ekonomi Kreatif (Ekokraf) yang di gelar Dinas Perdagangan Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (Disdagkop Dan UMKM) Klaten. Pameran di mulai Selasa 23 Oktober hingga 26 Oktober yang akan datang. Pameran ekonomi kreatif merupakan usaha dari Disdagkop Dan UMKM Klaten mensuport tumbuh kembangnya usaha masyarakat untuk di kenal masyarakat luas.

"kegiatan ini merupakan langkah untuk mempromosikan potensi dan produk unggulan Klaten dalam pameran ini menampilkan 130 Usaha Kecil Menengah (UKM) dan 20 stan kuliner, dimana para peserta berasal dari 2 perwakilan tiap kecamatan, 22 stand dari lembaga lain serta  7 Stan dari Corporate Sosial Responsibility  (CSR)”, ujar Bambang Mbalak Sigit Nugroho Kepala Disperindagkop&UMKM Klaten.
 
Bupati Klaten Hj Sri Mulyani tinjau stand pameran 
Selain mempromosikan kerajinan usaha asli Klaten, menurut Bambang ajang ini sekaligus upaya membuka jalan bagi para pengerajin agar nantinya, produk yang dihasilkan mampu bersaing dengan produk daerah lain. Hal ini tentunya harus ditunjang dengan mekanisme marketing yang baik. Seperti misal menggunakan sistim penjualan dan promosi online.

Pameran Ekokraf Klaten dengan Tema "Aku Cinta Produk Klaten" di buka langsung Bupati Klaten Hj Sri Mulyani. Dalam sambutannya orang nomor satu di Klaten ini berharap agar pertumbuhan dan perkembangan dunia Usaha Kecil Menengah (UKM) di Klaten terus meningkat. Untuk itu pada tahun 2019 Pemda Klaten mengalokasikan Rp 3 Hingga 5 Miliar modal bagi pelaku usaha dalam bentuk pinjaman tanpa bungga.

Selain itu lanjut Hj Sri Mulyani pemkab Klaten siap memfasilitasi UKM Klaten mengikuti pameran yang di adakan di tingkat Provinsi maupun tingkat Nasional, sehingga masyarakat luar Klaten dapat tertarik untuk berkunjung ke Kabupaten Klaten dan berbelanja produk unggulan Klaten.

"Banyak potensi produk unggulan yang ada di Klaten selain batik dan lurik, dengan adanya pameran ini di harapkan masyarakat lebih mengenal tentang produk-produk klaten sehingga tak perlu belanja ke luar daerah karena di klaten sudah ada. Dan ini merupakan momet yang tepat bagi para pelaku usaha kecil dan Bumdes di Klaten untuk mempromosikan semua potensi yang dimiliknya" Ujar Bupati.

Dalam pameran Ekokraf Klaten 2018 kali ini menampil 11 Klaster yang terdiri dari Lurik, Batik, Konveksi, Minapolitan, handycraf, keramik, cor logam, desa wisata, mebel,dan klaster makanan olahan.(hilred)



Share on Google Plus

Salam mattanews com

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...