Warga Jonggrangan Gelar Tradisi Tumpengan Bersih Desa.

KLATEN MATTANEWS.COMRatusan warga desa Jonggrangan Kecamatan Klaten Utara, Klaten Jawa Tengah menggelar tradii gunungan hasil bumi. Sebelum disantap bersama gunungan yang terbuat dari sayuran dan buah buahan hasil bumi serta nasi ingkung ayam beserta lawuhnya diarak dan dibawa di sebuah sendang Simbar Harjo yang  berada dipinggir desa. Acara yang digelar Jum’at (13/9) dilakukan sebagai ungkapan rasa syukur warga atas hasil panen yang melimpah serta kesehatan dan keselamatan warga selama ini.

Dalam kegiatan ini ratusan warga datang dan ikjut merayakan. Bahkan tak sedikit warga dari desa lain datang menonton. Termasuk warga desa setempat yang ada diluar kota sengaja meluangkan waktu datang ke acara yang digelar setahun sekali ini. Beberapa yang percaya akan mengambil makanan yang sudah didoakan untuk keperluan tertentu.
 
Suasana bersih desa di Jonggrangan.
Kepala Desa Jonggrangan Sunarno didampingi beberapa tokoh masyarakat setempat mengatakan kegiatan tradisi tumpengan sudah ada sejak jaman nenek moyang mereka. Apa yang mereka lakukan sebagai bentuk rasa syukur warga kepada Tuhan Yang Maha Esa atas segala rahmat dan rejeki yang telah diberikan selama satu tahun ini. Dan karena hal tersebut merupakan tradisi budaya peninggalan nenek moyang, maka kegiatan tersebut akan terus dijaga dan dilestarikan.

“Apa yang dilakaukan warga desa adalah sebuah upaya melestarikan budaya asli Indonesia beserta kearaifan lokalnya agar tidak tergerus dengan budaya asing. Dan syukuran tumpeng ini merupakan ungkapan syukur warga atas hasil panen yang melimpah”, ujarnya. (nggih)


Share on Google Plus

Salam mattanews com

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...