Ribuan Warga Memed Ikan Di Lebaran Ikan Embung Gemblegkan.

KLATEN MATTANEWS.COMRibuan warga Klaten dan sekitarnya Minggu pagi (16/9) memadati embung Gemblegkan yang berada di desa Gemblegkan, Kecamatan Kalikotes, Klaten Jawa Tengah untuk mencari ikan. Ribuan warga mulai dari anaak-anak orang tua, lelaki atau perempuan tumplek blek turun ke kedung untuk menaangkaap sekitar 1 ton ikan dengan beragai peralatan penangkap ikan.

Tradisi unik yang sudah berlangsung sejak dulu tersebut kini teru dilestarikan guna nguri-uri budaya sekaligus memotivasi warga Klaten untuk lebih gemar memelihara dan mengkonsumsi ikan air tawar. Satu ton yang diperebutkan di kedung seluas lebih dari setengah hekar tersebut merupakan hasil dari sumbangan berbagai pihak.
 
Ribuan warga Klaten memed ikan di embung Gemblegkan
Dalam tradisi lebaran ikan kali ini, panitia menyediakan beragai hadiah hiburan. Bagi para pencari kan yang berhasil menangkap ikan dengan tanda kahusus (berpita) dapat ditukar dengan hadiah. Baik berupa uang atau barang. Pesta dimulai sekitar pukul 07.30 ditandai dengan bunyi sirine.

Berbagai jenis ikan yang diperebutkan seperti lele, nila, tombro, bawal, patin dan lainnya. Rata – rata berat ikan mencapi 0,5 kg hingga bobot 2 kg/ekor. Sementara ikan mascot atau yang berpita rata rata diatas bobot 2kg/ekor.

Ketua panitia pelaksana Purwanto menjelaskan kegiatan rutin tahunan akan terus dipertahankan dan diadakan tiap tahun dengan  kegiatan yang akan lebih dimodifikasi, sehingga tidak terkesan monoton. Kedepan prosesi lebaran ikan digemblegkan akan didesain agar  bisa menjadi paket wisata tahunan yang dapat menarik wisata lokal/asing.

“Harapan kita acara lebaran ikan ini bisa menjadi agenda rutin dan masuk dalam kelender wisata Klaten. Dan untuk menuju kearah itu, kami warga akan terus berbenah diri dan melakukan beragai inovasi, sehingga warga yang datang tidak hanya mencari ikan di embung namun juga dapat menikmati kira  budaya sambil makan ikan ditempat”, harapnya.(nggih)



Share on Google Plus

Salam mattanews com

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...