Bupati Klaten "Surung" Gerobak HIK Di Festival HIK Klaten 2018.

Bupati Klaten Hj Sri Mulyani mendorong gerobak HIK
KLATEN MATTANEWS.COMBupati Klaten Hj Sri Mulyani mendorong gerobak HIK (Hidangan Istimewa Klaten) seagai tanda dibukanya festival HIK Klaten ke 4 tahun 2018 yang digelar disepanjang jalan Pemuda Klaten Jawa Tengah. Didampingi Kepala Disperindagkop dan UKM Klaten Bambang Mbalak Sigit Sinugroho dan Setda Klaten Jaka Sawaldi, Bupati juga berkenan mengibarkan bendera start untuk mengarak rombongan gerobak HIK.

Bambang Mbalak selaku ketua panitia penyelenggara yang juga penggagas festtival HIK dalam laporannya pada Bupati menjelaskan kegiatan festival HIK di Klaten kini memasuki tahun ke 4 penyelenggaraan. Dalam kesempatan tahun ini festival diikuti oleh sekitar 175 pedagang HIK berasal dari berbagai daerah di Klaten. Mereka akan melayani masyarakat di sepanjang jalan Pemuda mulai dari perempatan angjo Mbareng hingga pertigaan bangjo Pemda Klaten.

Hidangan yang diediakan lanjut Bambang, semua menu masakan layakanya warung HIK yang mengutamakan masakan asli Klaten, seperti tempe bacem, tempe benguk, sego welut, sate kere serta aneka minuman seperti wedang jahe, skoteng, jeruk panas dan lai-lainnya. Diharapkan dengan disediakan sekitar 175 HIK, nantinya akan mampu melayani sekitar 2000 warga yang inhin menikmati makanan HIK gratis.
Bambang Mbalak Kepala Disperindagkop Klaten
“Untuk tahun ini penyelenggaraan memang sengaja kita adakan agak malam, agar dapat dinikmati warga Klaten sambil menikmati udara malam Klaten. Selain itu penataan makanan yang disiapkan secara mendadak, dimaksud guna menghindari habisnya makanan sebelum acara dimulai. Sehingga jangan seperti tahun lalu, belum dibuka makanan sudah habis”, ujarnya.

Sementara Bupati Klaten Hj Sri Mulyani dlam sambutananya mengapresiasi kegiatan festival HIK yanag dimotori oleh Disperindagkop dan UKM Klaten. Diharapkan dengan festival HIK, makanan serta jajanan khas Klaten dapat semakin dikenal di Indonesia.

“HIK adalah warung makan dengan jajanan yang khas Klaten dan tidak dimiliki oleh daerah lain. Kini HIK sudah mulai merambah hingga di berbagai kota besar. Saya berharap HIK Klaten mampu bersaing dengan hidangan lainnya dan tersebar hingga pelosok kota di Indonesia. Karena semakin HIK terkenal dan jaya , maka ekonomi penghasilan pemiliknya juga akan meningkat”, ujar Bupati.

Festival HIK Klaten yang digelar Jum’at malam, dimulai pukul 21.00, selain HIK berbagai stand hiburan juga ditampilkan guna menyemarkkan hari jadi Klaten yang ke 412 ini. Maka tak heran ribuan warga Klaten tumplek blek memadati kota Klaten dan sepanjang jalan pemuda untuk menikmati hidangan HIK dan menonton hiburan dalam rangka hari jadi Klaten.(get)


Share on Google Plus

Salam mattanews com

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...