Ari Sriyono Warga Sajen Pencipta Sepeda dari Limbah Kayu.

Ari saat menaiki sepeda hasil kreasinya
KLATEN MATTANEWS.COMSebuah karya seni bernilai ekonomis kembali ditorehkan oleh warga desa Sajen, Kecamatan Trucuk Klaten Jawa Tengah. Adalah Ari Sriyono lelaki berusia (54) ini mampu menciptakan kendaraan tradisional yakni sepeda ontel yang terbuat dari limbah kayu. Hebatnya sepeda ini sudah dicoba untuk acara NGGOWES (sepeda santai) hingga Solo, Sukoharjo bahkan Sragen.

Sepeda buatan Ari memang tak beda dengan sepeda ontel pada umumnya. Hanya beberapa bagian terutama casis atau rangka bodi sepeda menggunakan limah kayu, termasuk stang, pedan dan poroknya. Hanya ban dan ratai yang masih menggunakan rantai sepeda biasa.

Ditemui dirumahnya, Ari mengaku apa yang dilakukan terdorong hobinya naik sepeda, disatu sisi ingin memanfaatkan limbah kayu yang ada disekelilingnya yang selama ini hanya terbuang percuma. Berawal dari itu muncul ide gagasan untuk membuat sepeda yang 90 persen komponennya terbbuat dari limbah kayu.

Dengan berat rangka sekitar 2 kg pembuatan sepeda kayu menurutnya memerlukan waktu sekitar 10 hari. Kemampuan membbuat kayu diperoleh karena ktrampilannya sebagai seorang tukang kayu ditambah pengalaman dari internet.

“ Saya belum berniat membuat sepeda ini dengan jumlah besar, karena saya masih ingin mengejar sepeda ini mampu bersertifikat SNI. Jika memang nantinya sepeda ini layak dan laik untuk digunakan, maka tidak menutup kemungkinan saya akan memproduksi sepeda ini dengan jumlah besar dan kita jual”, ujarnya.

Hingga saat ini Ari belum mematok berapa harga satu unit sepeda kayu buatannya. Namun yang jelas kratifvitas dan inovasi yang dilakukan sudah saatnya mendapat perhatian dari Pemda setempat agar dapat memfasilitasinya (aji/get)


Share on Google Plus

Salam mattanews com

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...