Kodim Klaten Gandeng Satlantas Polres Klaten Gelar Peragaan Berkendara Yang Benar.

Kanit Laka Satlantas Polres Klaten Iptu Masna
KLATEN MATTANEWS.COM  -  Dalam rangka menekan angka kecelakaan dalam berkendaraan, khususnya roda dua, Satuan Kodim 0274 Klaten menggandeng tim Safety Reading Satlantas Polres Klaten guna melakukan kegiatan peragaan berkendara motor yang benar. Kegiatan yang dilakukan di ruas jalan samping alon-alon Klaten diikuti oleh semua anggota Kodim/Koramil serta ibu-ibu persit di jajaran Kodim Klaten.

Dalam kegiatan ini yang dipandu langsung Kanit Laka Satlantas Polres Klaten Iptu Masna diperagakan berbagai cara berkendara yang baik dan benar. Mulai dari cara mengerem yang benar, cara menikung dan menyalip yang benar, penggunaan kelengkapan berkendara yang standar. Selain itu diperagakan pula bagaimana resiko yang terjadi jika kita memakai helem asal - asalan dengan sebuah semangka.

Peragaan teknik dan cara mengerem yang benar pertama dilakukan aipda Ipin dari satuan lalu lintas. Dengan menggunakan motor patroli besar yanag bersangkutan memacu kendaraan dengan kecepatan 80 kilometer/jam dan melakukan 2 teknik pengereman yang salah dan benar. Peragaan kedua dilakukan sendiri oleh kanit Laka Iptu Masna dengan mengunakan kendaraan pribadinya.

Dalam peragaan tersebut tampak dua perbedaan menyolok antara teknik pengereman yang benar dan salah. Goresan bekas ban saat dilakukan teknik pengereman salah tampak lebih panjang dianding teknik pengereman yang benar dengan komposisi pengereman roda belakang 70 persen dan roda depan 30 persen dilakukan bersamaan yang menghasilkan bekas rem yang pendek.

Kasdim Mayor Inf Sapto Budi S didampingi Pasi Intel Kodim Klaten Iptu Suparno mengatakan, kegiatan tersebut dilakukan guna mengantisipasi dan menekan anagka akecelakaan yang akhir-akhir tampak meningkat. Untuk itu dalam kegiatan ini semua anggota Kodim beserta istri diwajikan mengikuti, guna menamah wawasan dan mengetahui bagaimana erkendaraan dijalan yang benar.

Selain itu hal tersebut dilakukan berdasarkan hasil evaluasi dari Komando atas, dimana ada indikasi peningkatan pelanggaran undang undang lalu lintas. Untuk itu Kodim melakukan kegiatan dalam upaya menanamkan kesadaraan berkendara yang baik dan benar.

“Akhir-akhir ini angka kecelakaan cenderung meningkat dan hampir semua terjadi karena kesalahan manusia. Untuk itu kami mengajak tim safety reading Satlantas Polres Klaten untuk melakukan kegiatan peragaan dan pengarahan berkendaraan yang baik dan benar dihadapan anggota kami,“. ujaranya.
 
Iptu Masna memperagakan teknik mengerem yang benar
Sementara Kanit Laka Lantas Polres Klaten Iptu Masna menegaskan penggunaan perangkat berkendaraan yang baik, benar dan standar merupakan hal utama dan wajib bagi semua pengendara motor. Hal itu demi keselamatan pengendara itu sendiri. Karena lanjut Masna hilangnya nyawa manusia dengan percuma karena kecelakaan, rata-rata disebabkan mereka tidak mematuhi aturan. Misalnya perlengkapan motor tidak komplit, memacu kendaraan sangat kencang atau tidak menggunakan helm standar.

Untuk pemakaian helem standar ditekankan Iptu Masna adalah perlengkapan berkandara yang wajib dan harus ditaati oleh semua pengendara motor. Karena dari hasil evaluasi rata-rata korban meninggal karena kecelakaan disebabkan terjadi pendaraan pada otak. Hal ini dapat dihindari atau dikurangi jika pengendara memakai helem yang benar dan standar.

“Hingga saat ini laka di Klaten sudah mencapai angka 203 dimana 25 korban meninggal dunia. Kejadian seperti ini seharusnya tidak perlu terjadi jika sejak dini kita selalu mematuhi rambu-rambu lalu lintas dan memakai perlengkapan dan berkendaraan yang baik dan benar”, tegsnya.(get)     

Share on Google Plus

Salam mattanews com

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...