Jelang Puasa Warga Pereng Prambanan Gelar Prosesi Kirab Gunungan.

KLATEN MATTANEWS.COMMenjelang puasa 1 Syawala 1439 H, warga desa Pereng kecamatan Prambanan Klaten Jawa Tengah menggelar tradisi kirab gunungan pametu hasil panen. Dua gunungan yang terbuat dari aneka buah-buahan serta sayuran ini diarak, keliling desa sebelum dijadikan rebutan warga.

Sekitar 700 warga desa pereng tampak antusias mengikuti proses tradisi udaya yanag sudah berjalan sejak dulu turun temurun ini. Kirab diawali dengan berjalannya satu pleton pasukan khas kerajaan yakni satu bergodo pasukan dari keraton Yogyakarta. Kirab yang mengambil tema “merekatkan keberagaman untuk memperkokoh persatuan” ini juga dimeriahkan beragai kesenian daerah seperti tari, jatilan dan lainnya.
 
Satu bergodo prajurit Kerajaan Yogyakarta kawal kirab gunungan
Kepala Desa Pereng Handoko Respati didampingi ketua panitia Muryono menjelaskan pelaksanaan kirab meraupakan upaya warga desa Pereng untuk melestarikan dan nguri-uri budaya Jawa agar tidak musnah dan tergerus dengan masuknya budaya asing yang sudah menggerogoti budaya dan perilaku bangsa Indonesia saat ini.

Untuk itu sebagai ucapan rasa syukur atas rahmat dan karunia Tuhan akan kesehatan dan keselamatan maka kirab budaya ini akan terus dilakaukan dan dipertahankan. Karena dengan pelaksanaan kirab seperti ini maka para anak anak muda generasi penerus nanti tidak akan kehilangan sejarah dan jati dirinya sebagai orang Jawa. “ Jangan sampai anak anak kita nanti yang asli orang Jawa Indonesia justru bertingkah atau berperilaku kebarat-baratan atau Timur Tengah. Karena kita punya kultur udaya sendiri yakni orang Jawa”, ujarnya.

Prosesi kirab yang digelar warga pereng tersebut banyak dihadiri warga dan juga turis dari manca negara. Setelah diarak sejauh lebih dari 2 kilometer, maka gununganpun diserbu peserta dan warga yang menonton. Meraka yang percaya buah atau sayur-sayuran dalam gunungan tersebut mampu mendatangkan keselamatan serta keberuntungan dalam berusaha. (aji/get)

Share on Google Plus

Salam mattanews com

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...