Bupati Hj Sri Mulyani Deklarasikan Bayat Sebagai Kecamatan Open Defecation Free (ODF)

Camat Bayat Edy Purnomo menerima sertifikat ODF
KLATEN MATTANEWS.COM Bertempat di desa Krakitan, Kecamatan Bayat, Bupati Klaten Hj Sri Mulyani mencanangkan Bayat sebagai kecamatan Open Defecation Free (ODF)  atau warganya yang sudah bebas buang air besar sembarangan (BABS). Pencanangaan yang dilakukan Rabu pagi (2/5) ditandai penyerahan sertifikat ODF oleh Bupati kepada camat Bayat Edy Purnomo,  disertai dengan pembagian 60 paket sembako bagi warga yang nasibnya kurang beruntung serta bea siswa.

Dengan di deklarasikannya  Bayat sebagai kecamatan ODF, maka Bayat menjadi kecamatan kedua yang berstatus ODF setelah sebelumnya kecamatan Cawas dinyatakan sebagai kecamatan ODF di Klaten.

Kepala Puskesmas Bayat dr Wahyu Ciptadi, dalama laporannya mengatakan dengan dideklarasikannya Bayat sebagai kecamatan ODF, maka target berikutnya menjadikan Bayat sebagai kecamatan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) pada tahun 2020. Sementara Bayat sebagai Kecamatan ODF, saat ini sudah ada 18 desa di Bayat juga sudah menjadi desa ODF. 

Menurut  dr Wahyu Ciptadi, jumlah warga Bayat sebanyak 69 ribu dan jumlah KK di Bayat 18.714. Untuk mendukung Kecamatan Bayat maka Kecamatan Bayat didukung Tim STBM Kecamatan dan desa yang terdiri dari Muspika, Kepala Puskesmas Bayat dan sanitarian Puskesmas Bayat. 

Sementara itu Camat Bayat Edy Purnomo menjelaskan untuk mempertahankan Bayat  sebagai kecamatan ODF akan diteruskan dengan program jambanisasi. Hal ini disebakan  sebagian warga masih banyak yang melakukan BAB menumpang pada tetangga aatau keluarga lain bahkan numpang di jamban masjid.  Dengan program jambanisasi diharapkan semua nanti warga Bayat nanti punya jamban dan BAB di jamban sendiri. 

Dalam kesempatan tersebut Camat Bayat Edy Purnomo SE juga mengucapkan terima kasih kepada Bupati Klaten yang mendorong penataan Rowo Jombor dan pembersihan eceng gondok. Dimana diharapkan setelah ada penataan peran dan fungsi Rowo Jombor dapat dimaksimalkan untuk destinasi wisata air di Klaten serta pengairan di Klaten.

Bupati Klaten Hj Sri Mulyani dalam sambutanya mengatakan mengucapkan selamat dan sukses kepada Kecamatan Bayat yang telah mendeklarasikan sebagai kecamatan ODF. Dengan deklarasi sebagai kecamatan ODF di Bayat, semoga dapat mempengaruhi kecamatan lain untuk deklarasi ODF. 

Bupati Klaten berharap ke depan seluruh kecamatan bisa menjadi kecamatan  ODF. Sehingga pada atahun 2019 Kabupaten Klaten dapat dideklarasikan sebagai Kabupaten ODF seperti kabupaten lain.(mas/get)


Share on Google Plus

Salam mattanews com

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...