Blusukan Pasar Tradisional Bupati Klaten Hj Sri Mulyani Borong Kangkung Dan Thokolan.

Bupati Hj Sri Mulyani sidak harga kebutuhan pokok
KLATEN MATTANEWS.COMMemasuki hari kedua bulan suci Romadhon Jum'at (18/5) orang nomor satu di Klaten Hj Sri Mulyani melakukan sidak kebeberapa pasar tradisional di Klaten, Jawa Tengah. Dalam kesempatan sidak di pasar gede Klaten (pasar tiga lantai) Bupati Klaten Hj Sri Mulyani tampak memborong sejumlah sayuran seperti tokolan (kecambah), bayem kangkung serta iga sapi.

Kepada wartawan Bupati menjelaskan tujuan utama sidak diawal bulan puasa guna mengetahui secara langsung kondisi pasar dalam menghadapi lebaran mendatang. Dirinya ingin tahu secara langsung apa yang dikeluhkan para pedagang sekaligus tahu harga kebutuhan 9 bahan pokok serta harga kebutuhan pangan lainnya.

“Saya ingin tahu secara langsung kondisi pasar menghadapi lebaran nanti, dan memastikan jika stok pangan di pasar Klaten dalam kondisi cukup dan normal. Saya berharap kesetabilan harga yang ada saat ini dapat bertahan hingga lebaran nanti. Namun jika memang harus naik tolong harga jangan terlalu siginifikan, kasihan masyarakat”, ujarnya.

Untuk itu daalam kesempatan tersebut Bupati mewanti-wanti pada semua pedagang dan distriutor atau pedagang besar agar tidak menaikkan harga seenaknya sendiri. Menurut Bupati kenaikan harga menjelang lebaran sanagat wajar, tapi jangan terlalu melonjak tinggi kasihan masyarakat yang nasibnya kurang baik. “ Silahkan menaiikan harga, jika waktunya memang sudah harus naik. Tapi tolong yang wajar-wajar saja dan masih terjangkau oleh pembeli.

Terkait kemungkinan dilakukan operasi pasar atau menggelar pasar murah, istri mantan Bupati Klaten Sunarno ini mengatakan akan dilakukan melihat kondisi dan situasi pasar. Jika memang perlu Pemda akan melakukan operasi pasar dan menggelar pasar murah
Mendekati hari lebaran nanti.

Lurah Pasar Tiga lantai Badarudin disela-sela kunjungan Bupati mengatakan, kondisi pasar yang dipimpinnya hingga kini masih dalam kondisi stabil dan cukup. Belum ada kenaikan harga yang signifikan, sementara barang semua dalam posisi cukup. “Belum ada kenaikan harga mas. Semua masih stabil dan terkendali”, ujarnya.
Ny Ragil Salah satu pedagang pasar tiga lantai klaten
Sementara ny Ragil salah satu pedagang di pasar Gede mengatakan saat ini harga masih stabil dan barang juga tersedia. Misalnya harga bawang merah dan bawang putih masih diangka Rp 26.000 dan Rp 30.000/kg, sedang harga bawang masih diharga Rp 20.000/kg. Lombok riwit Rp 20.000/kg dan lombok gede (abang) Rp 23.000/kg.

Sementara harga beras wangi Rp 12.000/kg,C4 Rp 10.000/kg. gula Rp 15.000/kg dan tepung terigu Rp 7500/kg.Sementara harga daging sapi masih dikisaran Rp 90.000/kg. Ayam potong Rp 35.000/kg. Telor Rp 24.000/kg.

“Untuk saat ini harga masih stabil dan barang cukup tersedia. Biasanya kenaikan akan terjadi menjelang 7 haari sebelum lebaran mas. Dan jika sudah seperti ini mau tidak mau kita juga akan ikut menaikkan harga seperti teman-teman yang lain namun masih dalam kenaikan yang wajar dan normal”, ujarnya.

Usai sidak di pasar Gede Bupati Klaten langsung melakukan ke pasar berikutnya menuju pasar wedi Klaten. Tampaak mendampingi Bupati, Kepala Disperindagkop Mursid serta Bapeda Klaten Bambang Mbalak Sigit Sinugroho, Kepala Satpol PP Sugeng Hariyanto, Kepala Dinas Perhubungan Slamet Widodo, Kepala Dinas Kesehatan dr Cahyono serta Kabag Humas Wahyudi Gandung.(get)   

Share on Google Plus

Salam mattanews com

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...