SMP Negeri I Polanhardjo Pertahankan Tradisi Sungkem Sebelum UNBK.

KLATEN MATATANEWS.COMTradisi sungkem guru untuk mohon doa rastu serta bimbbingan pada orang tua dan guru sebelum mengikuti UNBK kembali dilakukan para siswa SMP Negeri 1 Polanharjo, Klaten Jawa Tengah. Kegiatan postif ini merupakan tradisi yang akan terus dipertahankan agar para siswa memiliki rasa tanggung jawab dan semangat belajar sebelum mengikuti ujian.
 
Salah satu siswi menangis saat sungkem pada gurunya.
Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Polanharjo Suhardi menjelaskan tradisi sungkem akan terus dilanjutkan dan diajarkan disekolah tersebut karena memiliki dampak psikologis positip pada anak-anak. Dengan tradisi sungkem anak- anak merasa memiliki tanggung jawa yang tinggi untuk belajar dan mengikuti ujian. Selain itu dengan tradisi sungkem para siswa semakin percaya diri dan optimis dalam mengerjakan soal dan termotivasi untuk belajar jujur dan bertanggung jawab.

“ Ini bagian dari pendidikan moral dan sopan santun, dimana sebagai anak, mereka memiliki kuwajiban untuk minta doa restu pada orang tua dalam setiap melakukan sesuatu, termasuk saat belajar dan mengikuti ujian. Dan tentunya kegiatan positip ini akan terus kita lanjutkan dan menjadi tradisi sekolah ini dalam setiap menggelar kegiatan ujian”, ujarnya.

Dalam prosesi ini, para guru duduk dihalaman sekolah, sementara para siswa secara bergiliran melakukan sungkem dan mohon doa restu agar sukses mengerjakan soal-soal ujian berbasis komputer ini. Sebelumnya dirumah para siswa melakukan hal sama pada kedua orang tuanya. Suasana harupun tak terhindarkan, sehingga banyak siswa dan guru yang menangis berlinang air mata. Mereka seakan mengenang 3 tahun lamanya bersama dalam suka duka dan sebentar lagi harus berpisah demi menempuh pendidikan yang lebih tinggi lagi. (aji.neo)


Share on Google Plus

Salam mattanews com

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...