Sambut HKBN, Relawan Gelar Simulasi Bencana

Adegan simulasi penyelamatan warga
KLATEN MATTANEWS.COM - Menyambut HKBN (Hari Kesiapan Bencana Nasional) Masyarakat Klaten, Relawan dan kantor BPBD Klaten menggelar acara simulasi bencana. Kegiatan yang dilakukan di komplek monument gempa bumi Lindu Gede,Sengon Prambanan Klaten Jawa Tengah ini meliputi cara melakukan upaya pertolongan dan penyelamatan jika terjadi gempa, musibah kebakaran serta banjir.
 
Dalam simulasi ini, para relawan secara langsung menggunakan kompor gas yang sudah bocor yang mengakibatkan kebakaran rumah. Disini para relawan langsung memperagakan dan mempraktekkan kamampuannya menangani terjadinya kebakaran sekaligus menyelamatkan para korbannya.

Rohmat Widodo salah satu anggota relawan mengatakan kegiatan simulasi bencana sangat perlu dilakukan oleh para anggota relawan dan masyarakat Klaten,mengingat Klaten salah satu daerah rawan bencana, terutama gempa, erupsi gunung Merapi, banjir dan angin puting beliung. Sehingga dengan kegiatan tersebut kemampuan, ketrampilan anggota dan masyarakat dalam menangani bencana tetap terlatih.

“Klaten adalah daerah rawan bencana, tertama gempa dan erupsi merapi. Maka simulasi bencana yang rutin dan teragendakan perlu dilakukan para ralawan dan warga, agar mereka selalu dalam kondisi siap siaga jika sewaktu-waktu terjadi bencana”, ujarnya.

Dipilihnya Sengon sebagai tempat latihan simulasi karena didaerah tersebut pernah terjadi bencana hebat yakni Gempa 26 Mei 2006 lalu, dimana telah memporak- porandakan semua harta benda di tiga wilayah kecamatan yakni Gantiwarno, Prambanan Bayat dengan jumlah kerugian harta dan nyawa yang tak terhitung jumlahnya.

Sehingga dipilihnya tempat tersebut dapat menggugah semangat para relawan dan warga untuk selalu siap siaga tanggap dan cekatan jika sewaktu-waktu terjadi bencana(aji/get)




Share on Google Plus

Salam mattanews com

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...