Peter Dan Lala Putra Putri Lurik Klaten 2018.

Putra-putri Lurik Klaten tahun 2018
KLATEN MATTANEWS.COMPeter Guntara dari Grobogan dan Lala Yesica Halim asal Sukoharjo Jawa Tengah akhirnya dinobatkan sebagai Putra/putri Lurik Klaten tahun 2018. Pasangan ini meraih uara I dalam malam grand final pemilihan putra putri lurik Kabupaten Klaten yang digelar di Alun-alun Klaten, Sabtu malam (7/4) mengalahkan 173 peserta yang berasal dari berbagai daerah di Jawa Tengah.  

Sayang malam grand final pemilihan putra putri lurik Kabupaten Klaten dibayang-bayangi rintik hujan, sehingga acara yang diharapkan mampu menjadi hiburan warga Klaten hanya ditonton segelintir orang. Hal itu disebabkan sore dan petang harinya Klaten diguyur hujan lebat. Sehingga walau suasana gerimis mendung dan sangat tidak mendukung panitia tetap melanjutkan dengan resiko sepi penonton. 

Hadir sekaligus membuka acara tersebut Setda Klaten Drs Joko Sawaldi, didampingi Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga  Drs H Pantoro MM dan Ketua TP PKK Klaten Ny Hj Sri Harjanti. Sementara Bupati Klaten Hj Sri Mulyani hadir sekitara pukul 21.30 sesaat setelah pembukaan oleh Joko Sawaldi mewakili Bupati. 

Bertindak selaku dewan juri pada pemilihan putra putri lurik Kabupaten Klaten 2018 masing-masing Ketua Dr Nanik Herawati MHum, Wakil Ketua Rory Wardana, Sekretaris Indira Salsabila Ayuwibowo dan Arif Purnawan selaku anggota. Pada perhelatan tersebut, Bupati Klaten Hj Sri Mulyani bertindak selaku juri kehormatan. 

Dalam keputusan dewan juri pemilihan putra putri lurik Kabupaten Klaten 2018 disebutkan,   hasil juara putra lurik masing-masing juara I Peter Guntara dari Grobogan, juara II Irizal Suryanto dari Surakarta, juara III Ardian Adi Nugroho dari Sukoharjo, Agna Wikantara dari Klaten sebagai juara kategori intelegensi, Crownikov Deswan dari Surakarta kategori Bakat, Bima Afif Wibowo dari Klaten kategori penampilan terbaik dan Anggar Bagaskoro dari Surakarta kategori Favorit. 
Ketua DPRD Klaten Agus Riyanto serahkan tropi
Kemudian, juara putri lurik masing-masing juara I yakni Lala Yesica Halim dari Sukoharjo, juara II Veronica Dinda Z dari Klaten, juara III Maria Rosa Kemala dari Klaten, Intan Permata dari Klaten sebagai juara kategori intelegensi, Rizka Ramana Putri dari Karanganyar kategori bakat, Laksmita Ariesanti dari Klaten kategori penampilan terbaik dan Vania Widhi P dari Sukoharjo juara katagori favorit. 

Bupati Klaten Hi Sri Mulyani dalam sambutan yang dibacakan Sekda Klaten Drs H Jaka Sawaldi MM mengatakan, pemilihan putra putri lurik Klaten tahun 2018 sebagai wahana untuk mempromosikan kepariwisataan serta untuk menggali potensi dan peran serta generasi muda dalam melestarkan kain lurik sebagai salah satu budaya tradisional Jawa yang telah mengakar kuat di tengah masyarakat. Karena Klaten banyak memiliki warisan budaya yang layak untuk dipromosikan dan dan dikembangkan. 

“ keindahan lurik Klaten tidak diragukan lagi, sehingga promosi dan pengembangan kain lurik dengan pagelaran seperti ini sangat penting, karena selain mampu melestarikan warisan budaya nenek moyang, event ini sekaligus mampu menjadi ajang promosi wisata klaten sekaligus dapat menopang pertumbuhan perekonomian masyarakat khususnya para pengrajin lurik”, ujar Bupati.

Kepala  Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga  Drs H Pantoro MM dalam laporannya mengatakan, malam grand final pemilihan putra putri lurik diikuti 10 putra dan 10 putri dengan materi yang diujikan meliputi pengetahuan tentang lurik, kepariwisataan, seni budaya, public speaking, penampilan dan etika atau sopan santun. Adapun jumlah peserta secara keseluruhan pemilihan putra putri lurik Klaten 2018 diikuti 173 peserta terdiri dari 59 putra dan 114 putri yang berasal dari berbagai kabupaten/kota di Indonesia seperti dari Klaten, Solo, Sukoharjo, Grobogan, Wonogiri bahkan ada peserta yang berasal dari Jawa Timur maupun kota lain di Indonesia. (mas/no)



Share on Google Plus

Salam mattanews com

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...