Dalam Rangka Sosialisasi KB, DINSSOS3AKB Klaten Gelar Gerebeg Pasar.

KLATEN MATTANEWS.COM -  Dalam rangka sosialisasi menggelorakan program Keluarga Berencana (KB), DINSSOSP3KB ( BKKBN) Klaten menggelar acara Gerebek Pasar (Gerakan Pemberdayaan, Keluarga Pas Sasaran). Acara yang dipusatkan dipasar Gabus, Kecamatan Jatinom Klaten Jawa Tengah ini bekerjasama dengan Kantor perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Tengah, dan dibuka resmi Bupati Klaten Hj Sri Mulyani, ditandai pemasangan celemek berlogo KB, kepada 20 pedagang pasar peserta KB MKJP (Metode Kontrasepsi Jangka Panjang).

Kegiatan yang dilakukan Selasa pagi (10/4) tersebut melibatkan 2 Puskesmas, petugas PLKB serta SKD, diikuti hampir 150 peserta dengan sasaran para ibu muda usia subur, yang sehari-hari melakukan aktivitas di pasar Gabus. Diharapkan dengan kegiatan tersebut mereka lebih ter edukasi akan pentingnya mengikuti program KB dalam upaya mewujudkan sebuah keluarga bahagia yang sejahtera, harmoni dan sehat.
Bupati Klaten Hj Sri Mulyani memberi celemek pada pedagang

Kabid Dalduk dan KB DINSSOSP3KB Klaten V. Retno Setyaningsih, SKM,MMR mengatakan kegiatan sosialisasi program KB dalam rangka memperingati hari Kartini ke 139 ini sengaja digelar di pasar tradisioanal dengan harapan gema sosialisasi bisa lebih cepat dan mengena karena mayoritas mereka yang berinteraksi dipasar adalah kaum wanita. Dengan alasan ini maka diharapkan kegiatan sosialisasi ditempat-tempat ramai seperti pasar akan lebih tepat dan mengena dengan sasaran yang dituju.

Pasar adalah salah satu tempat umum yang ramai dikunjungi masyarakat terutama kaum wanita dari segala lapisan umur. Maka agar gaung dan sosialisasi ini lebih mengena dan tepat sasaran, maka kami sengaja melakukan kegiatan ini disini. Dan alhamdulillah peserta yang semula hanya 100 orang bisa meningkat lebih dari 50 persen”, ujarnya.

Terkait harapan dan arahan dari Bupati Klaten Hj Sri Mulyani agar kegiatan serupa diadakan di wilayah Kemalang, Retno menyatakan DINSSOSP3KB Klaten agar segera melakukan koordinasi untuk segera diagendakan di kegiatan yang akan datang. “Saya kira apa yang disampaikan ibu Bupati sangat baik dan tepat. Dan kami siap menindaklanjuti apa yang disarankan beliau”, tandas Retno.

Sementara dalam sambutanya Bupati Klaten Hj. Sri Mulyani mengapresiasi kegiatan yang dilakukan DINSSOSP3KB Klaten dalam upaya lebih menggalakkan program KB agar lebih dikenal dan dipahami oleh warga Klaten. Dalam kesempatan itu Bupati meminta agar kegiatan serupa terus disosialisasikan kepada masyarakat hingga pelosok – pelososk desa, mengingat Klaten dengan 1,4 juta penduduknya, merupakan daerah terpadat menempati urutan nomer 5 se Jawa Tengah. .
Kabid Dalduk dan KB V. Retno Setyaningsih SKM.MMR

Selain itu Klaten yang juga dikenal sebagai daerah merah nomer 15 dari 35 Kabupaten dengan AKI (Angka Kematian Ibu) yang cukup tinggi yakni urutan nomor 10 se Jawa Tengah. Dengan kondisi tersebut menurut Bupati salah satu upaya yang paling efektif ialah memberi penyuluhan tentang KB kepada masyarakat, agar meraka tahu manfaat dan pentingnya ikut KB. Karena dengan berKB kita bisa mengatur kehamilan yang akhirnya bisa menekan angka kelahiran.

“Saya berharap kegiatan seperti tidak berhenti sampai disini saja. Kedepan kalau bisa DINSSOSP3KB menggelar acara serupa di wilayah Kemalang, Karena disana masih sangat perlu pemahaman tentang KB secara utuh dan lengkap. Untuk itu saya minta Dinas Kesehatan melalui Puskesmas, petugas PLKB, Bidan desa serta unsur yang lain seperti Posyandu dan lainnya, untuk bersinergi menggalakkan program KB hingga pelosok-pelosok desa ”, tegas Bupati

Sedang PLT Kepala DINSSOSP3KB Klaten, dr. Ronny Roekminto, M.Kes, mengatakan dipilihnya pasar sebagai tempat sosialisasi KB, mengingat pasar merupakan pusat kegiatan masyarakat dari berbagai penjuru. Sehingga diharapkan kegiatan sosialisasi di pasar akan lebih mengena dan tepat sasaran dengan tujuan mereka lebih paham tentang KB dan mau menjadi peserta KB aktif dan nantinya diharpkan semua pedagang dan  pengunjung beserta keluarganya hidup sejahtera.(neo).

Share on Google Plus

Salam mattanews com

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...