1000 Umat Hindu Klaten Gelar Upacara Dharma Shanti Di Pendopo.

Suasana perayaan Dharma Shanti di Klaten

KLATEN MATTANEWS.COM - Dengan mengambil tema  "Kita Wujudkan Nilai Nilai Ajaran Tri Hita Karana Dalam Memperkokoh dan Mempertahankan NKRI", Warga Hindu Klaten menggelar acara Dharma Shanti bersama, di gedung pendopo Pemkab Klaten (6/3). Sekitar seribu warga Hindu Klaten baik dari jajaran Polri,TNI,STHD (Sekolah Tinggi Hindu Dharma), RS Cakra Husada serta PHDI Klaten hadir dalam perayaan tersebut. Hadir pula Bupati Klaten Hj Sri Mulyani yang membuka acara tersebut disertai ketua PHDI Jawa Tengah I Nyoman Surahatta, Pembimas Hindu Kanwil Kemenag Jawa Tengah Drs I Dewa Made Artayasa, serta ketua PHDI Klaten Ir.IGG Hendrata Wisnu.

Ketua PHDI Klaten Ir. IGG Hendrata Wisnu, MMR dalam sambutananya mengatakan, acara dharmasanti secara hierarki merupakan rangkaian terakhir hari suci nyepi dimana sebelumnya ada upacara melasti tawur kesanga penyepian. Dharmasanti sendiri lanjut Hendratta adalah srawung umat hindu dalam menebarkan situasi yang kondusif mendamaikan manusia, atau kalau dalam ajaran agama Islam seperti halal bi halal.

Terkait eksistensi umat Hindu di Klaten Hendrata menambahkan di Klaten ada sekitar 500-1000 umat hindu. Mereka hidup dan bekerja diberbagai sektor ada yang menjabat di pemerintahan, TNI/POLRI, PNS, petani, pedegang, swasat dan lainnya. Dan Klaten merupakan salaha satu kantong umat Hindu terbesar di Jawa Tengah dimana di Klaten ada 47 tempat ibadah, sementara jumlah umat Hindu di Jawa Tengah kini mencapai sekitar 14.700.
Bupati Klaten Hj Sri Mulyani 
Terkait memasuki tahun politik, ditegaskan ketua PHDI Klaten, dimana pada prinsipnya umat Hindu bersikap netral dan tidak berpolitik. Namun sebagai warga negara yang baik dan memiliki hak pilih, semua warga Hindu diminta untuk menggunakan hak pilihnya dengan baik sesuai hati nuraninya. 

Sementara Bupati Klaten Hj Sri Mulyani dalam sambutanya, secara pribadi dan atas nama masyarakat Kabupaten Klaten menyampaikan Selamat Hari Raya Nyepi dan Tahun Baru Saka 1940. Semoga Tuhan Yang Maha Esa selalu memberikan kekuatan, pencerahan lahir batin dan selalu membimbing kita semua. Semoga kegiatan di Pendopo Kabupaten Klaten akan memberikan kemanfaatan bagi umat Hindu pada khususnya dan Bangsa Indonesia pada umumnya

Dalama kesempatana tersebut Bupati juga mengajak kepada para anggota KORPRI, TNI, POLRI, RUMAH SAKIT CAKRA HUSADA, STHD dan PHDI KABUPATEN KLATEN, para tokoh agama Hindu untuk tampil sebagai ujung tombak, bersama-sama dengan pemerintah membangun  mental spiritual Bangsa Indonesia. Untuk itu dengan dilandasi Nilai Nyepi Saka Warsa 1940 dan Tri Karya Parisuda kita tingkatkan kerukunan, kedamaian dan kesejahteraan. 

“ Kita juga harus mampu dalam memahami dan melaksanakan demokrasi, yang akhir-akhir ini sudah banyak menyimpang dan tidak sesuai lagi dengan sistem demokrasi yang ada bahkan sudah menjauhkan dari ajaran etika dan moral bangsa Indonesia. Maka dilandasi semangat Nyepi ini, mari kita bangkit membenahi, memperbaiki, introspeksi, serta mawas diri pada diri kita masing-masing. Dan membangun negeri ini dengan cinta kasih dan toleransi”, tegasnya. (mas/par)


Share on Google Plus

Salam mattanews com

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...