Warga Lereng Merapi Klaten Gelar Kirab Sapi Mandi Dan Berjemur Bersama.

Mandi bersama sapi di desa Bunder Jatinom
KLATEN MATTANEWS.COMWarga dukuh Bunder dan jarakan desa Bandungan, Kecamatan Jatinom menggelar tradisi unik yakni memandikan sapi dan menjemur api secara massal. Tradisi leluhur turun temurun ini dilakukan sebagai ungkapan rasa syukur atas segala nikmat, berkah serta rejeki yang mereka dapatkan selama ini dari Tuhan Yang Maha Kuasa.

Ratusan sapi milik warga di beberapa desa disekitar lereng Merapi yang berjarak sekitar 10 hingga 15 kilometer dari puncak Merapi ini dibawa di desa Bunder. Setelah melalui beberapa prosesi ritual ratusan sapi tersebut dimandikan disebuah embung secara bersama sama kemudian dijemur di lapangan.

Murtopo salah satu sesepuh desa menjelaskan sebelum diadakan mandi bersama, ada beberapa sapi yang dimandikan khusus di sebuah kedung yang didahului upacara ritual sebagai ungkapan rasa syukur atas Rahmat dan keselamatan serta rejeki yang mereka dapatkan selama ini. Usai memandikan beberapa sapi dilanjutkan mandi bersaama disebuah kedung atau embung secara bersama-sama dan diteruskan tradisi  berjemur.

“Apa yang kami lakukan ini adalah meneruskan tradisi nenek moyang sebagai ungkapan rasa syukur dan terima kasih kepada Tuhan Yang Maha Kuasa atas segala nimat berkah dan limpahan rejeki yang telah kita rasakan dan nimati selama ini. Dan tradisi ini akan terus kami jaga dan lestarikan. Jika Pemda tanggap kegiatan ini bisa dijadikan bagian dari aset wisata budaya di Klaten”, harapnya.(aji/neo)


Share on Google Plus

Salam mattanews com

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...