Umat Hindu Klaten Gelar Upacara Ngebak Geni Di Pura Karanganom.

KLATEN MATTANEWS.COMRatusan umat Hindu Klaten Jawa Tengah menggelar upacara ngebak geni dipura Karanganom Minggu pagi (18/3). Upacara ini merupakan rangkaian upacara Nyepi yang menandakan awal bagi umat Hindu untuk melakukan aktivitas keseharian setelah melakukan pati geni sehari semalam dalam prosesi Catur Brata di hari suci Nyepi.
 
Prosesi upacara Ngebak Geni di Pura Karanganom
Dalam prosesi ini tampak mereka begitu khidmat menjalani semua prosesi upacara. Upacara yang diawali dengan pemujaan tersebut diakiri dengan proses Dharma Santi, dimana meraka salih bersilahturohmi bersalama-salaman dan saling memaafkan.

Ketua PHDI Kecamatan Karanganom Klaten M.Hariyanto mengatakan setelah melakukan prosesi Batur Brata umat Hindu melakukan upacara ngebak geni dimana ini merupakan simbol memasuki tahun baru Saka, dimana umat Hindu berharap bisa melakukan semua amal kebaikan leih baik lagi dibanding tahun lalu.

“Dalam prosesi Catur Brata, kita melakukan pati geni atau tidak melakukan semua aktivitas keseharian sebagai sarana untuk merenung, erintropeksi diri dan menahan semua keinginan nafsu duniawi. Dan ini merupakan penyerahan total kepada Yang Maha Pencipta akan semua kesalahan serta dosa yang telah kita perbuat. Dan dengan upacara Ngebak Geni, kita telah memasuki tahun aru Saka, dimana semua umat Hindu berharap bisa melakukan semua amal kebaikan lebih baik lagi dibanding tahun lalu”, ujaarnya.

Mangun Purwanto salah satu umat  Hindu mengatakan dengan mengikuti semua prosesi rangkain upacara kebesaran dirinya berharap dapat hidup leih baik lagi dan selalu berbuat aik bagi sesama. Karena menurutnya pada hakekatnya manusia hidup di dunia untuk saling mencintai dan mengasihi, bergotorng royong dan saling memaafkan.

“Saya kira semua ajaran agama sama dalam mengajarkan kebaikan. Yakni untuk saling mencintai dan mengasihi antar sesama umat didunia tanpa memandang perbedaan. Karena pada hakekatnya kita hidup didunia ini saling membutuhkan dan tidak bisa hidup sendiri. Maka gotong royong, kerukunan, kebersamaan harus kita jaga dan pelihara dengan baik”, harapnya.(aji)  


Share on Google Plus

Salam mattanews com

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...