Peringati Hari Pers Nasional Humas Pemda Klaten Gelar Ketoprak Gabungan.

Adegan  ketoprak gabungan humas pemda Klaten
KLATEN MATTANEWS.COMIkut memperingati hari Pers Nasional, bagian humas Pemda Klaten Jawa Tengah bekerja sama dengan sanggar omah wayang dan pelaku seni di Klaten menggelar pertunjukan ketoprak gabungan dengan lakon Mustikaning Senopati Mojopahit. Bertempat di panggung hiburan komplek gedung Pandanaran (RSPD) Jum’at malam (1/3) pertunjukan diawali dengan pemukulan kentongan oleh Bupati Hj Sri Mulyani.

Walau hanya melakukan latihan beberapa hari namun pertunjukan dibawah guyuran hujan gerimis tersebut cukup mampu menghibur sekitar 200 penonton. Para pemain yang terdiri dari staf humas, jajaran Polri dan beberapa wartawan, omah wayang dan para pelaku seni Klaten  ini mampu memainkan perannya dengan baik. Berapa kesalahan dialog dan gerak justru menjadikan pertunjukan ini tampak hidup dan menghibur.

Jimbling Supriyadi salah satu tokoh seni Klaten usai pertunjukan mengaku cukup puas dengan tampilan rekan-rekan yang hampir semuanya tidak memiliki dasar seni. Latihan yang hanya berapa hari ternyata mampu menyuguhkan hiburan yang tidak begitu mengecewakan. “Untuk ukuran pemula dan tidak memiliki dasar seni sama sekali, pertunjukan malam ini bisa dibilang sukses”, ujarnya.

Sementara Bupati Klaten Hj Sri Mulyani mengapresiasi kegiatan yang dilakukan bagian humas Klaten, dimana pertonjokan ketoprak selain mampu memberi hiburan pada masyarakat, juga bertujuan melestarikan budaya leluhur serta kearifan lokal peninggalan nenek moyang, agar generasi muda tidak kehilangan jati dirinya sebagai orang Indonesia.

”Saya bangga, mendukung dan mengapresisasi kegiataan seperti ini. Karena dengan kegiatan seperti ini berarti kita ikut melestaraikan dan menjaga budaya kita agar tidak hilang tergerus oleh budaya asing”, ujarnya.(neo)


Share on Google Plus

Salam mattanews com

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...