Gandeng Unwidha dan UAD Yogyakarta, Pemkab Klaten Faslitasi TP3D

KLATEN MATTANEWS.COM - Dalam rangka pengisian perangkat desa   secara serentak   tahun 2018 Pemerintah Kabupaten Klaten memfasilitasi Tim Pencalonan dan Pengangkatan Perangkat Desa (TP3D) se Kabupaten Klaten untuk menggandeng dua perguruan tinggi yakni Universitas Widya Dharma (Unwidha) Klaten dan Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyalarta. Pendaftaran perangkat desa akan dilaksanakan 1 sampai 7 April 2018 di TP3D masing-masing desa di Klaten, dimana untuk tahun ini Pilkades agar digelar di 391 Desa. 

Para Camat se Klaten saat ikuti TP3D
Pada kesempatan tersebut, Asisten I  Setda Klaten, dr Rony Roekmito, MKes menyatakan, dengan menggandeng dua perguruan tinggi, Pemkab Klaten siap mengelar pengisian perangkat desa tahun 2018. Pemkab Klaten menjamin seluruh tahap pengisian perangkat desa berjalan transparan, tim penguji dari perguruan tinggi bersikap independen, sehingga nantinya akan menghasilkan perangkat desa yang berkualitas dan profesional. 

Menurut  Ronny, Ketua Tim Penguji Perangkat Desa (TPPD) akan dijabat drs Purwo Haryono dari Unwidha, ketua Tim Penguji Perangkat Desa (TPPD) dari UAD Yogyakarta dipimpin Megawati, SH, MHum. Untuk itu Asisten I Setda Klaten dr Rony Roekmito, MKes mengharapkan, agar seluruh masyarakat Klaten yang akan mendaftarkan diri sebagai perangkat desa untuk percaya diri dan semua biaya pengisian perangkat desa sudah mengerucut akan dibiayai oleh Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes).   

Sedangkan Rektor Unwidha Klaten, Prof Dr H Triyono MPd menyatakan,  pelaksanaan Ujian Seleksi Calon Perangkat Desa yang terdiri atas ujian tertulis dan ujian praktek komputer. Untuk pelaksanaan ujian dilakukan di tingkat kecamatan  pada tanggal 29 April 2018 dan hasilnya juga akan dimumumkan langsung pada  tanggal 29 April 2018.  

Dikatakan, ujian Tertulis perangkat desa tahun 2018 di Kabupaten Klaten dengan materi   Pancasila dan UUD 1945,   Pengetahuan tentang Pemerintahan Desa,   Kepemimpinan,   Bahasa Indonesia,   Bahasa Jawa,   Pengetahuan Umum dan Kemasyarakatan sebanyak 120 soal dengan bentuk soal Pilihan Ganda 4 option dengan bobot nilai setiap soal 0,5   dan nilai maksimal 60.   Kemudian Ujian Praktek Komputer total nilai 40 yakni  materi   MS-words dengan nilai 15,   MS-Excel dengan nilai 15 dan MS-powerpoint dengan nilai 10 sehingga total nilai 100.  (mas/hil))



Share on Google Plus

Salam mattanews com

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...