Bupati Klaten Hj Sri Mulyani Buka Musrenbang RKPD Tahun 2019


Bupati Klaten Hj Sri Mulyani saat buka Musrenbang
KLATEN MATTANEWS.COM - Bertempat di Pendopo Pemda Klaten, Bupati Klaten Hj Sri Mulyani secara resmi membuka agenda Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tahun 2018 dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Klaten tahun 2019, Kamis (29/3). Pelaksanaan Musrenbang RKPD ini mengacu pada Undang Undang Nomor 25 Tahun 2004 Tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional dan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 86 Tahun 2017 Tentang Tata Cara Perencanaan, Pengendalian, dan Evaluasi Pembangunan Daerah, Tata Cara Evaluasi Rancangan Peraturan Daerah Tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah, Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah dan Rencana Kerja Pemerintah Daerah. 

Kepala  Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappeda), Bambang Sigit Sinugroho menjelaskan, Musrenbang RKPD dimaksudkan untuk memperoleh arahan, saran dan masukan guna penyempurnaan rancangan awal RKPD Kabupaten Klaten tahun 2019 dengan mendorong dan mengoptimalkan peran aktif masyarakat, stakeholders dan para pemangku kepentingan termasuk pelibatan masyarakat berkebutuhan khusus, responsif gender serta forum anak dalam proses perencanaan pembangunan daerah. 

Sesuai regulasi yang ada, kata Bambang Sigit Sinugroho, Musrenbang dilaksanakan dalam rangka menyepakati prioritas pembangunan, menyepakati program kegiatan, pagu indikatif, indikator dan target kinerja serta lokasi. Musrenbang juga untuk menyelaraskan program dan kegiatan pembangunan daerah dengan sasaran dan prioritas pembangunan Provinsi Jawa Tengah, serta klarifikasi program dan kegiatan yang merupakan kewenangan daerah dengan program dan kegiatan desa yang diusulkan berdasarkan hasil Musrenbang tingkat kecamatan. 
Kepala Bapeda Bambang Balak Sigit Sinugroho

Lebih lanjut Bambang Sigit Sinugroho menyatakan, dengan mempertimbangkan tujuan dan sasaran, Musrenbang RKPD Kabupaten Klaten tahun 2019 diarahkan pada percepatan pembangunan infrastruktur dan peningkatan ekonomi yang dapat meningkatkan daya saing daerah serta mengurangi kemiskinan dan kesenjangan antar wilayah. Dalam kerangka demikian, maka pembangunan Kabupaten Klaten tahun 2019 diprioritaskan untuk percepatan penanggulangan kemiskinan dan pengurangan tingkat pengangguran, penguatan potensi ekonomi lokal, pemerataan pembangunan infrastruktur, peningkatan kualitas pendidikan dan pelayanan kesehatan. 

Selain itu pembangunan Kabupaten Klaten tahun 2019 juga untuk peningkatan pelayanan publik, peningkatan pelestarian lingkungan hidup, dan pengurangan resiko bencana serta untuk penguatan ketahanan pangan. Pelaksanaan Musrenbang RKPD Kabupaten Klaten tahun 2019 yang diadakan pada tahun 2018 ini melibatkan dari unsur perangkat daerah, organisasi kemasyarakatan, organisasi profesi dan asosiasi, LSM, perwakilan pers, dan perwakilan kecamatan dengan jumlah peserta seluruhnya sekitar 400 orang. 

Dalam Musrebang juga dibahas pengelompokan tiga bidang kerja yakni kelompok bidang ekonomi, kelompok bidang sosial budaya dan kelompok bidang infrastruktur. Dengan pembahasan secara rinci tersebut, diharapkan, keluaran yang dihasilkan Musrenbang ada kesepakatan arah pembangunan daerah, sasaran, dan prioritas pembangunan daerah.(mas/hil)

Share on Google Plus

Salam mattanews com

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...