1 Tahun KONEK Karangmojo, Karangpakel, Semakin Guyub Dan Eksis.

Jajaran pengurus KONEK Karangmojo Kr.Pakel
KLATEN MATTANEWS.COMPaguyuban penggemar sepeda ontel KONEK (Komunitas Ontel Karangmojo) Desa Karangpakel, Kalikotes, Klaten Jawa Tengah, genap berusia 1 tahun. Walau baru seumur jagung namun komunitas yang beranggotakan lebih dari 120 orang ini sarat kegiatan dan penuh pengabdian.

Setahun peringatan hari jadi KONEK yang digelar Sabtu malam (24/3) suasana berjalan meriah. Dengan menampilkan hiburan campur sari elekton dengan 6 penyanyi yang canatik cantik, seluruh anggotanya dan para tamu hadir hingga usai acara.

“Usia komunitas ini baru satu tahun mas. Walau hanya komunitas sepeda ontel namun eksistensi kepedulian  kami pada kegiatan sosial yang kami lakukan cukup tinggi. Ini sudah menjadi komitmen semua anggota KONEK  dimana selain ikut melestarikan sepeda ontel sambil berolah raga anggota diminta  memiliki kepekaan serta kepedulian sosial yang tinggi bagi sesama anggota dan lingungan”, ujar ketua KONEK Bejo Pujo Suwarno didampingi sekretaris KONEK Suryadi.

Menurut sang ketua, ide berdirinya KONEK berawal dari kegemaran warga Karangmojo yang senang bersepeda dengan menggunakan sepeda antik(tua). Karena kebetulan banyak warga memiliki sepeda tua/antik yang kondisinya masih baik. Berawal dari hobi dan kegemaran mengoleksi sepeda antik inilah akhirnya warga sepakat membentuk komunitas sepeda ontel yang diberi nama KONEK. Dan sejak itu dukuh Karangmojo Karangpakel lebih dikenal dengan sebutan kampung ONTEL.
Tugu sepeda masuk desa Karangmojo Kr.Pakel
Sementara sekretaris KONEK Suryadi menambahkan, anggota konek terdiri dari berbagai latar belakang. Ada yang PNS, pegawai, swasta, buruh, TNI, polisi atau petani. Semua guyub rukun dalam satu wadah KONEK dalam segala kegiatan dan kesempatan. Kerukunan ini terjaga hingga dalam kehidupan sehari-hari.

Anggota KONEK lanjut Suryadi sebagian besar memang warga dukuh Karangmojo, walau tidak menutup kemungkinan ada satu dua dari dukuh lain yang ikut bergabung karena satu hobi dan kesenangan. Hampir semua warga Karangmojo ikut menjadi anggota KONEK, tua, muda, lelaki perempuan. Bahkan tak sedikit anggota KONEK justru berusia lanjut sudah berumur lebih dari 70 tahun. Mereka gemar bersepeda, selain untuk hiburana juga menjaga kondisi dan stamina tubuh agar tetap sehat dan bugar.   

Kegiatan tour keliling Klaten dilakukan dalam setiap setengah bulan sekali pada minggu. Rute yang ditempuh biasannya ditentukan dalam forum rembuk musyawarah yang dilakukan pada saat pertemuan selapan sekali. Acara tersebut sekaligus dijadikan ajang untuk kumpul bareng dan saling menukar pengalaman.

“Dalam pertemuan itu kita sepakat mengumpulkan iuran anggota Rp 10 ribu/bulan yang kita gunakan untuk kas KONEK. Uang digunakan jika ada anggota KONEK yang memerlukan atau kita melakukan kegiatan sosial pada masyarakat atau mereka yang membutuhkan” ujar Suryadi.

Selama ini lanjut Suryadi berbagai kegiatan sosial KONEK sudah dilakukan. Dan belum lama ini keluarga besar KONEK juga berkenan menyisihkan sebagian rejekinya untuk disumbangkan pada mereka yang membutuhkan dalam bentuk pembagian 60 paket sembako.
 
Anggota KONEK Karangmojo Kr.Pakel
Sementara dalam kegiatan touring, KONEK telah melakukan berbagai kegiatan jelajah negeri, menyusuri tempat tempat wisata di Klaten seperti OMAC Tulung,  Ponggok, Prambanan, bukit Cinta, Ndeles Kemalang hingga luar kota seperti, Sukoharjo, Boyolali, Gunung Kidul dan Jogjakarta. Untuk kegiatan dengan jangkauan cukup jauh, biasannya peserta menyesuaikan. Artinya bagi yang kondisinya tak mampu akan melakukan kegiatan nyepeda ontel di lokasi yang dekat.

Sepeda yang dimiliki para anggota KONEK ternyata lebih didominasi sepeda ontel gagrak lawas (sepeda antik), buatan tahun 1915 hingga tahun 1975, seperti HUMBER, SIMKING,GAZELLE, RELLY, TH, BSA, PHILIPS, HERCULES, RAHT,CACA dengan harga mulai dari Rp 5 juta hingga 25 juta. Namun demikian tidak sedikit pula yang menggunakan sepeda model sekarang dan umumnya dipakai oleh anak-anak dan anggota peempuan. (batavia)

Share on Google Plus

Salam mattanews com

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...