Walau Semrawut, Pesta Durian Jatinom 2018, Berjalan Cukup Sukses.

KLATEN MATTANEWS.COMDalam rangka mempromosikan potensi desa, pemerintaha kecamatan Jatinom, Klaten Jawa Tengah menggelar pesta durian dalam bentuk makan duren gratis. Sebanyak kurang lebih 850 buah durian lokal disiapkan di lapangan Desa Randulanang, Jatinom untuk dinikmati secara bersama-sama.

Acara yang digelar Rabu (14/2) tersebut dihadiri Sekretaris dareha Joko Sawaldi mewakili Bupati Klaten Hj Sri Mulyani yang berhalangan hadir. Selain itu pesta yang dihadiri ratusan penggemar duren dari beragai daerah ini juga dihadiri Muspida, serta tokoh masyarakat. Tampak hadir asisten I pemerintahan dr Ronny Roekminto serta sejumlah pejabat.
 
Suasana pesta durian di Randulanang Jatinom
Camat jatinom Sip Anwar SE MSI dalam laporannya  mengatakan, pesta durian digelar secara gratis dan pesta durian Kecamatan Jatinom merupakan acara  pesta durian yang ketiga. Dengan pesta durian berjuan untuk mempromosikan Kecamatan Jatinom sebagai sentra penghasil buah durian jenis buah durian montong dan jenis buah durian petruk yang dikenal lezat rasanya. 

Menurut Camat Sip Anwar, 10 desa di wilayah Kecamatan Jatinom yang dikenal sebagai sentra penghasil buah durian masing-masing Desa Randulanang,  Mranggen,  Tibayan,  Beteng, Bengking, Temuireng, Socokangsi, Bandungan, Cawan dan Desa Glagah. Untuk buah durian yang rasanya kurang lezat oleh masyarakat Jatinom diolah jenis makanan lain sebagai produk khas makanan Jatinom seperti dibuat apem rasa durian dan lain sebagainya. 

Sementara Bupati Klaten Hj Sri Mulyani dalam sambutan yang dibacakan Sekda Klaten Drs H Jaka Sawaldi MM mengapresiasi dan menyambut baik atas terselenggaranya pesta buah durian oleh Pemerintah Kecamatan Jatinom di Lapangan Desa Randulanang. Dengan pesta durian semoga dapat mengenalkan kepada masyarakat  luas bahwa di Jatinom merupakan sentra penghasil buah durian yang dikenal enak rasanya. 

Untuk itu, ke depan agar penyelenggaraan pesta durian dapat dikemas lebih baik lagi dengan menyediakan buah durian yang lebih banyak lagi. Pasalnya, animo masyarakat untuk datang ke acara pesta buah durian sangat tinggi terbukti jumlah pengunjung sangat banyak memenuhi lapagan Desa Randulanang.   

Selain itu Jaka Sawaldi menambahkan, di Klaten ada  beberapa kecamatan yang juga dikenal sebagai penghasil buah durian seperti di wilayah Kecamatan Karangnongko dan Kemalang. Dengan potensi ini Pemkab akan terus berupaya agar duren Klaten mampu dikenal dan bersaing dengan duren daerah lain. “ Kita akan terus berkoordinasi dengan dinas pertanian untuk melakukan kajian dan penelitian, kira kira duren jenis apa yang cocok untuk tumbuh di wilayah Klaten dengan kualitas rasa dan produk yang baik”, ujarnya.(abe/neo)


Share on Google Plus

Salam mattanews com

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...