Klaten Siapkan Dana Sebesar Rp 150 Milliar Untuk Peningkatan Jalan.

KLATEN MATTANEWS.COMPemkab Kabupaten Klaten Jawa Tengah dalam tahun anggaran 2018 telah mengalokasikan dana sebesar Rp 150 milliar guna peningkatan serta pemeliharaan jalan di Klaten. Dari Jumlah tersebut nantinya akan tergarap  50 kilometer jalan dengan spesifikasi peningkatan jalan dengan beton sepanjang 20 kilometer dan peningkatan jalan (hotmix) sepanjang 30 kilometer.

“Jika dibanding dengan anggaran tahun lalu, anggaran saat ini mengalami penurunan dimana tahun lalu anggaran untuk jalan berkisar Rp 200 milliar. Namun demikian hal tersebut tidak akan mengurangi kualitas pengerjaan jalan yang digarap, apalagi untuk saat ini kita banyak mengerjakan jalan dengan kontruksi beton”, demikian ditegaskan Kepala PU Klaten Ir Tajudin didampingi plt Kabid Bina Marga Suryanto.   
 
plt Kabid Bina Marga Pu Klaten Suryanto
Menurut Tajudin untuk tahun ini peningkatan jalan Kabupaten mencapai 31 titik ruas, dimana untuk peningkatan dengan kontruksi cor mencapai 18 ruas jalan dan 13 ruas jalan menggunakan hotmix. Sehingga jika melihat kontruksi jalan yang mengalami peningkatan maka panjang ruas jalan yang diperbaiki sangat terbatas karena untuk pengerjaan dengan kontroksi beton memerlukan beaya yang sangat mahal atau 5 kali lipat dibanding aspal hotmix, yakni jalan kontruksi cor pemeternya mencapai Rp 600 ribu sedang untuk hotmix hanya Rp 120 ribu.

Kebijakan penggunaan kontruksi cor sendiri lanjut Tajaudin karena kondisi tanah di Klaten banyak yang labil serta kepadatan lalu lintas yang melintas dengan tonase berat sangat tinggi. Semenetara semua jalan di Klaten semuanya hanya kelas III dengan beban berat tonase sangat terbatas. Sehingga untuk mengurangi angka kerusakan yang tinggi dan hampir terjadi disetiap tahun, maka kontruksi cor salah satu pilihan terbaik, karena mampu bertahan hingga 10 tahun.

Sementara itu menurut Suryanto 18 ruas jalan yang akan ditingkatkan dengan kontruksi cor antara lain, ruas jalan Nangsri – Tanjung Sari serta jalan perbatasan dengan DIY di wilayah, jalan Perawatan – Nangsri Kecamatan Manisrenggo. Jalan Mipitan – Pasar kembang, jalan Pasar Kembang – Dompol, Jalan Jiwan – kayu Mas di kecamatan Jatinom, Jalan Ngimbar – Kayu Mas Kecamatan jatinom, Jalan Wonosari jaten – Jaten –Dalemen, Samben – Sidowarno di kecamatan Wonosari, Jalan Gondangsari – Ketitang – Serenan di kecamatan Juwiring, Jalan Posis – Jarum Karangdowo, jalan Pakisan – Tegalsari, Pakisan – Posis Kecamatan Cawas, Jalan Karangasem – Jentir, Ngelengkong –perbatasan DIY, Gatak Gerojokan – Bayat, serta Jalan Gantiwarno – Bayat, di wilayah Kecamatan bayat dan Gantiwarno.  Sedang 13 Titik ruas jalan yang tersebar di beberapa kecamatan dikerjakan dengan kontruksi aspal hotmix.

“Tahun ini jalan berkontruksi beton kita garap sepanjang 30 kilometer, sisanya peningkatan dengan kontruksi hotmik dengan dana yang bersumber dari APBD dan DAK. Total jalan berkontruksi beton di Klaten hingga saat ini sepanjang 50 kilometer dan diharapkan pada tahun 2018 menjadi 80 kilometer”, ujarnya.

Selain melakukan peningkatan lanjut Suryanto PU Klaten juga melakukan pemeliharaan jalan dengan total anggaran sebesar Rp 6 milliar, serta perbaikan trotoar dengan nilai anggaran sebesar Rp 3 milliar di dua titik yakni jalan Ki Ageng Gribik serta di Pedan. Menurut Suryanto saat ini Pemkab Klaten memiliki jalan Kabupaten dengan panjang sekitar 760 kilometer.(neo)  


Share on Google Plus

Salam mattanews com

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...