Cegah Kekerdilan. Dinkes Klaten Lakukan Gerakan POPM, Pemberian Obat Cacing Massal Pada Anak.

KLATEN MATTANEWS.COMDalam rangka mencegah terjadinya STUNTING (Kekerdilan) yang diakibatkan kekurangan gizi karena cacingan, Dinas Kesehatan Klaten mulai bulan Februari 2018 akan melakukan gerakan POMP ( Pemberian Obat Pencegah Massal) berupa pemberian obat cacing kepada anak anak (Balita). Guna menunjang kegiatan tersebut telah disediakan sekitar 320 ribu tablet obat cacing untuk 200 ribu anak diKlaten. 
 
dr Anggit Budiarto MMR. 
“ Mulai bulan Februari ini dinas kesehatan Klaten akan melakukan gerakan pemberian obat cacing massal bagi anak anak. Untuk kegiatan ini Dinas Kesehatan telah menyediakan obat sebanyak 320 ribu tablet untuk sekitar 200 anak anak di Klaten. Guna menunjang kegiatan ini Dinas Kesehatan akan dibantu oleh tenaga medis yang ada di Puskemas, bidan desa serta kelompok Posyandu yang ada d setiap desa”, demikian dijelaskan Kepala Bidang Pencegahan Dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Klaten, dr Anggit Budiarto MMR diruang kerjanya.

Menurut Anggit untuk kegiatan ini nantinya anak akan menerima tablet obat cacing 2 kali dalam satu tahun. Sedang sasaran utama yang akan menerima anak dibawah 5 tahun, dimana untuk anak atau balita usia 1 sampai 2 tahun hanya akan diberi setengah tablet dan anak usia diatas 2 tahun, satu anak 1 tablet.

Dijelaskan Anggit pemberian obat cacing tahun ini beda dengan tahun lalu, dimana untuk kali ini akan diberikan 2 kali dalam satu tahun, guna mencegah terjadinya kekurangan gizi dan amenia pada anak yang disebabkan cacingan, yang akan mengakibatkan terjadinya STUNTING atau kekerdilan pada anak.

” Anak yang menderita cacingan akan mengalami gangguan kesehatan, dimana pertumbuhan anak akan terganggu karena kekurangan gizi yang berakibat anak akan mengalami kekerdilan atau terkena amenia. Untuk itu kegiatan pemberian obat cacing ini sangat penting, agar anak terhindar dari penyakit. Untuk itu peran orang tua sangat membantu dalam mencegah terjadinya gangguan kesehatan pada anak itu sendiri”, tegasnya,(neo)


Share on Google Plus

Salam mattanews com

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...