Cuaca Exstrem dr Anggit Budiarto Himbau Warga Waspadai Gejala DB

KLATEN MATTANEWS.COMCuaca ekstrem yang disertai hujan tidak menentu sangat berpotensi untuk tumbuhnya berbagai wabah penyakit, khususnya DB (Demam Berdarah). Untuk itu kepada masyarakat diminta agar selalu waspada dan terus melakukan gerakan 3M (Mengubur, Menutup, Menguras). Selain itu semua petugas Jumnatik (Juru Pemantau Jentik) yang ada di setiap desa dan kecamatan terus melakukan pemantauan agar semua gejala penyakit dapat terdektesi secara dini.
 
dr Anggit Budiarto Kabid pencegahan penyakit Dinkes Klaten
“Cuaca ekstrem serta hujan yang turun tidak menentu ini sangat riskan terhadap timbulnya penyakit khususnya DB (Demam Berdarah). Untuk itu kita menghimbau agar masyarakat selalu waspada dan melakukan gerakan 3M di rumah masing –masing, disamping sudah ada petugas jumantik diseteiap desa dan kecamatan yang selalu melakukan pemantauan jentik ”, Demikian ditegaskan Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Klaten Jawa Tengah,  dr Anggit Budiarto MMR saat ditemui diruang kerjanya. 

Genangan air dari sisa hujan yang ada disekitar rumah atau dikebun dan pekarangan, menurut dr Anggit berpotensi untuk berkembang biaknya nyamuk aedes aegypti, khususnya ditempat tempat yang bersih, seperti botol, kaleng bekas, pot dari plastik, ban atau dibak penampungan air, karena nyamuk tersebut senang dan hidup ditempat yang bersih. Untuk itu gerakan mengubur,menutup dan menguras harus terus dilakukan agar nyamuk tidak bisa berkembang biak.

Terkait penyakit DB di Klaten ditegaskan dr Anggit dalam tahun 2017 kemarin jumlah kejadian DB jauh menurun dibanding tahun 2016 lalu. Dimana tahun 2016 terdapat 525 kasus dan menelan korban jiwa sebanyak 26 orang, sedang tahun 2017 terjadi 100 kasus dimana 3 orang meningal. Dan diharapkan pada tahun ini jumlah tersebut akan terus menurun seiring semakin tingginya kesadaran warga akan kebersihan dan gejala penyakit.
“Kita berharap angka tersebut akan terus menurun, seiring tingkat kesadaran warga terhadap kebersihan dan gejala penyakit semakin tinggi, disamping kesigapan tim Jumantik yang ada disetiap Puskesmas dan desa terus bekerja tanpa lelah”, tegasnya.

Gejala DB (demam berdarah) dapat dilihat dari gejala awal dimana sipenderita mengalami panas terus lebih dari 2 hari, tanda tanda lain ialah mata merah, mual dan muntah. Jika sudah dalam kondisi seperti itu maka penderita akan timbul bintik bintik merah di sekujur tubuh. Langkah cepat yang harus dilakukan ialah memeriksakan dan membawa penderita ke rumah sakit terdekat jika menemukan gejala tersebut akan dapat tertangani sejak dini.(neo)

Share on Google Plus

Salam mattanews com

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...