10 Desa Di Klaten Masuk Dalam Prioritas Intervensi STANTING (KEKERDILAN)

KLATEN MATTANEWS.COM10 desa di wilayah Klaten Jawa Tengah, di 7 kecamatan masuk dalam katagori prioritas intervensi STANTING atau KEKERDILAN. Untuk itu saat ini dilakukan berbagai kegiatan kesehatan yang dilakukan oleh semua instansi terkait, mulai dari Dinas kesehatan, kantor KB, dinas sosial, pemerintah serta dinas terkait lainnya.

10 desa yang termasuk prioritas intervensi STANTING antara lain, desa Sanggrahan dan randusari di kecamatan Prambanan, desa Ngaren di kecamatan Pedan, desa Butuhan di kecamatan Delanaggu, desa Keprabon kecamatan Polanhardjo, desa Tibayan kecamatan Jatinom dan desa Gemblegan di wilayah kecamatan Kalikotes.
 
V.Retno Setyaningsih SMK.MMR 
“STANTING atau KEKERDILAN lebih banyak disebabkan oleh pola asuh anak yang salah, pola makan yang salah atau sistim sanitasi yang tidak baik. Penyakit cacingan yang berdapak pada anak kekurangan gizi salah satu faktor utama terjadinya STANTING atau KEKERDILAN pada anak karena asupan gizinya terganggu. Untuk itu perlu adanya perhatian seius dari pemerintah melalui dinas terkait untuk memberi penyuluhan  pada masyarakat”, demikian dijelaskan Kabid Pengendalian Kependudukan Dan Keluarga Berancana, Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Dan keluarga Berencana ( DISSOSP3AKB) / BKKBN Klaten Veronika Retno Setyaningsih SKM.MMR disela sela rapat koordinasi Keluarga berencana di gedung Darma Wanita /Gedung PKK Klaten Jum’at (23/2).

Dalam acara yang dihadiri Kepala Kanwil BKKBN Jawa Tengah Wagino Msi, rapat koordinasi diikuti oleh sekitar 100 peserta mitra kerja BKBN antara lain camat se Kaupaten Klaten, PLKB, instansi terkait, IBI, Muslimat NU, Aisyiah dan lainnya.

Dalam kegiatan ini lanjut Retno diharapakan mampu meningkatkan pengetahauan serta pemahaman tentang KB dan hidup sehat serta pembangunan keluarga yanag sehat, yang nantinya akan disampaikan kepada masyarakat baik melalui kegiatan Posyandu, PKK atau kegiatan lain pentingya berpola hidup sehat agar terhindar dari STANTING atau kekerdilan yang diakibatkan karena kekurangan gizi.

Terkait adanya 10 desa dengan status terprioritas intervensi STANTING Retno menambahkan desa tersebut kini dibina oleh semua dinas serta instansi terkait agar terbebas dari STANTING. Pembinaan yang dilakukan secara terus menerus oleh lintas instansi dan dinas nantinya mengarah pada pembentukan kampung KB yang sehat, bersih mandiri dan sejahtera.( neo)    

Share on Google Plus

Salam mattanews com

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...