RIVER MOON Ajang Rekreasi Alam, Menyusuri Deras Dan Indahnya Sungai Pusur.


Siap menyusuri indahnya sungai Pusur
KLATEN MATTANEWS.COM -  Dalam satu terakhir ini dunia wisata di Klaten mulai bergeliat dan menunjukkan prospek cerah dan menggembirakan. Setelah munculnya wisata alam di Socakangsi Jatinom beberapa waktu lalu, wargapun seakan tergugah untuk mengoptimalkan kekayaan alam di desanya masing masing agar dapat dikelola sebagai aset wisata yang mampu mendongkrak ekonomi rakyat.

Kini di Klaten banyak bermunculan wisata baru yang mengandalkan keelokan alam sekiarnya. Mulai dari wisata air, pegunungan hingga wisata kuliner yang mampu “menenggelamkan” obyek wisata yang ada di Klaten sebelumnya seperti obyek wisata Rowo Jombor, Ndeles dan lainnya.

Saat ini hampir disetiap desa atau kecamatan di Klaten mulai tumbuh dan muncul oyek wisata baru, sebut saja obyek wisata Bukit Cinta di desa Gunung Gajah dan bukit Patrum di desa Kerakitan, kecamatan Bayat, Obyek wisata embung Sidorejo, dikecamatan Kemalang, Wisata air di Ponggok, umbul Manten kecamatan Polanharjo, umbul Susuhan di Jatinom Watu Sepur di desa Jotangan Bayat serta masih banyak lagi.
Cocok bagi pemula dan anak anak
Kini bagi penggemar wisata alam yang suka menyusuri terjalnya sungai, warga Klaten tak perlu lagi jauh jauh hanya untuk menyalurkan hobi ber arung jeram. Sungai Pusur yang berada di wilayah kecamatan Polanharjo telah menyediakan semua keingin anda untuk menguji andrenalin anda menyusuri sungai yang jernih dengan alam sekitarnya yang memukau. Ada beberapa spot yang bisa anda nikmatis sesuai keinginan anda.

Salah satu spot yang disediakan untuk para pemula dan keluarga ialah obyek wisata RIVER MOON yang terletak dibawah obyek wisata Cokro Tulung atau sebelum sampai obyek wisata Cokro jika anda beranagkat dari arah kota Klaten. Diatas sungai pusur kita bisa menyusuri sungai dengan air yang jernih ini hingga sejauh 2 kilometer dengan pemadangan alam sekitarnya yang masih hijau dan alami.
Duet ibu dan anak memang asyik
Ada dua etape yang ditawarkan panitia pengelola, yakni etapi pemula sejauh kurang lebih 300 meter dengan tarip relatif murah yakni Rp 15.000 hingga Rp 25.000/orang  serta etape panjang sejauh 2 kilometer dengan tiket sekitar Rp 40.000/orang. Disungai yang bermata air langsung dari sumber mata air digunung Merapi ini kita bia menyusuri kejernihan air sungai dengan menggunakan Ban yang dipandu para pemandu wisata yang profesional.

“Kita tawarkan wisata alam ini agar warga Klaten tak perlu jauh jauh jika ingin berekreasi sungai sambil menikmati pemandangan sekitarnya yang indah. Walau arus sungai dan tingkat kesulitan tidak seperti suasana arum jeram, namun bagi para pemula dan keluarga arena ini sangat cocok dan pas, karena anak-anakpun bisa menikmati jernihnya air sungai dari atas Ban”, ujar Sukoyo penemu sekaligus penggagas dan pengelola obyek wisata air RIVER MOON ini.

Menurut Sukoyo yang ternyata juga mantan kepala DPPAKD Klaten serta mantan Kepala Dinas Disperindagkop dan UMKM Klaten ini, obyek wisata sungai RIVER MOON sengaja diperuntukkan untuk wisata keluarga. Alam yang indah dan tantangan diatas sungai yang tidak begitu sulit dan bahaya, membuat wisata sungai di atas sungai Pusur ini relatif aman. Apalagi setiap peserta akan dipandu dan diawasi oleh para pemandu wisata.

Dalam hari hari biasa lanjut Sukoyo jumlah pengunjung mencapai sekitar 100 hingga 200 orang. Jumlah tersebut akan meningkat dua kali lipat jika memasuki hari Minggu atau hari libur. Seperti pada liburan sekolah beberapa waktu lalu jumlah pengunjung bisa mencapai sekitar 700 orang sehari.
 
cocok untuk melatih keberanian anak.
Para wisatawanpun ternyata tidak hanya datang dari Klaten. Tak sedikit wisatawan luar kota seperti Solo, Sukoharjo, Boyolali, Sragen dan lainnya datang menikmati keindangan sungai Pusur. Selain wisatawan keleuarga, tak sedidkit RIVER MOON selalu kebanjiran paket wisata rombongan dari beragai instansi di Klaten dan luar kota, baik pemerintah, swasta atau perusahaan.” Karena banyaknya pengunjung, maka untuk rombongan paketan biasanya pesan tempat seminggu sebelumnya agar bisa dilayani dengan baik”, ujar Sukoyo.

Anda penasaran dan ingin datang mencobanya, silahkan langsung saja datang kelokasi yang hanya berjarak sekitar 19 kilometer keutara dari pusat kota Klaten atau satu kilometer dari obyek wisata Cokro. Siapkan bekal dan kocek anda, karena disekitar lokasi anda bisa menikmati obyek wisata menarik lainnya, seperti umbul Susuhan, obyek wisata bawah air Ponggok, obyek wisata air waterboom Janti dan masih banyak lagi. (yes)
Share on Google Plus

Salam mattanews com

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...