FKDM Klaten Gelar Dialog Kebangsaan Demi Tercipta Pilkada Yang Aman Damai dan Sejuk.

KLATEN MATTANEWS.COM - Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Kabupaten Klaten menggelar Dialog Kebangsaan di Rumah Makan Mayar di Jalan Diponegoro Klaten pada Kamis (14/12). Bertema “Kematangan beragama dalam masyarakat plural, dengan tujuan mencari solusi antisipatif terhadap konflik bernuansa agama menjelang Pilkada serentak 2018, sehingga tercipta Pilkada yang aman,damai, jujur dan aman.
 
Dialog kebangsaan demi Pilkada yang aman,damai dan jujur.
Ketua FKDM Kabupaten Klaten Bambang Suprobo menyampaikan, dialog kebangsaan ini diadakan untuk menjalin komunikasi dan sinergi yang baik di antara tokoh agama, tokoh masyarakat, dan Pemerintah. “Selain itu, dialog kebangsaan ini juga untuk mengantisipasi kemungkinan munculnya konflik bernuansa agama menjelang Pilkada serentak 2018,” katanya.

Semenetara Plt Kepala Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Klaten Wahyudi Martono menyatakan, untuk menciptakan situasi dan kondisi di masyarakat yang baik dan kondusif, maka Pemerintah perlu selalu dekat dengan masyarakat, dan rajin bersilaturahmi dengan tokoh agama dan tokoh masyarakat.

“Pemerintah perlu berbaur dengan masyarakat, menyatu dengan para tokoh agama dan tokoh masyarakat. Dengan demikian, kemungkinan terjadinya hal-hal yang tidak dikehendaki, dapat dicegah dan diminimalisir sejak dini,” harapnya.

Keynote speaker dialog kebangsaan, KH Syamsudin Asyrofi mengatakan, para tokoh agama dan tokoh masyarakat maupun birokrat (Pemerintah) di seluruh tingkatan perlu membangun kedewasaan beragama sehingga menjadi solusi antisipatif yang cukup penting untuk meminimalisir konflik atau bencana yang ditimbulkan oleh ulah manusia.

“Meskipun Pilkada (Pilgub Jawa Tengah) tidak didasarkan pada aturan keagamaan formal, namun nilai-nilai etis juga mewarnai pada aturan perundangan yang harus ditaati oleh penyelenggara pemilu, baik KPU (Komisi Pemilihan Umum), Bawaslu (Badan Pengawas Pemilu), Cagub/Cawagub, partai pengusung serta pemilih,” terangnya.(kam)
Share on Google Plus

Salam mattanews com

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...