Desa Karangduren Klaten Menuju Desa Durian Bawor

Durian buah lokal yang lezat
KLATEN MATTANEWS.COMSesuai dengan namanya, desa Karangduren, Kecamatan Kebonarum, Klaten Jawa Tengah, kini berbenah diri menuju desa agrowisata. Dengan modal sebesar Rp 25 juta yang berasal dari dana desa, warga bercita cita ingin menjadikan desanya menjadi desa penghasil durian Bawor. Sehingga nantinya desa Karangduren menjadi desa Durian Bawor.

736 bibit pohon duren kini mulai ditanam warga. Baik ditegalan, sawah dan halaman serta kebon warga. Selain itu desa juga menyediakan lahan seluas 7000 meter persegi yang nantinya bisa dijadikan pusata perkebunan duren.

Kepala desa Karangduren Muh Marsum menjelaskan rencana menjadikan desa Karangduren sebagai desa agrowisata tanaman duren sudah melalui kajian dan pertimbangan yang matang. Dalam hal ini lahan, kondisi tanah serta kultur masyarakatnya yang mendukung. Sehingga nantinya di Klaten Duren tidak hanya ada diKarangnongko, Kemalang, atau Manisrenggo namun di kecamatan Kebonarum juga ada perkebunan duren yang bisa menjadi destinasi agrowisata.

“Untuk lanagkah awal kita menganggarkan dana sebesar Rp 25 juta yang kita ambilkan dari dana desa. Jika bisa berkembang sesuai rencana kita akan kembangkan alagi, sehingga Karangduren dapat dikenal sebagai desa durian Bawor”, ujarnya.(aji)




Share on Google Plus

Salam mattanews com

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...