Dandim Klaten Letkol Inf Sapu jagat Pimpin Langsung Operasi Eceng Gondok



Pembuatan tanggul darurat oleh prajurit Kodim Klaten
KLATEN MATTANEWS.COM -  Komandan Kodim Klaten Letkol Inf Bayu Jagad beserta jajarannya bersama masyarakat serta unsur yang lain memimpin langsung pembersihan enceng gondok di sungai Birin, di wilayah Kecamatan Gantiwarno Klaten Jawa Tengah. Pembersihan dilakukan karena keberadaan eceng gondok sepanjang 100 meter dengan ketebalan hampir 1 meter ini diduga kuat sebagai penyebab meluapnya sungai Birin yang mengakibatkan tergenangnya sawah dan pemukiman penduduk sekitar.

" Kita tidak bisa menunggu waktu, kita harus berbuat secara cepat dan tepat dalam menyikapi dan meminimalisir banjir ini. Kita terus berkejaran dengan hujan yang turun hampir disetiap hari " tegas Dandim saat memimpin rapat bersama para Danramil yang wilayahnya terdampak banjir.

Dari pantauan wartawan dilapangan memang ada fenomena aneh yang terjadi di Kec. Gantiwarno. Karena datangnya banjir yang menggenangi desa dan persawahan mereka disebabkan datangnya ribuan kubik tanaman eceng gondok yang membentang lebih dari 100 meter dengan ketebalan sekitar 1 meter. Kondisi inilah yang diduga kuat sebagai pemicu terjadinya banjir karena sungai tersumbat. 
Pembersihan ribuan kubik eceng gondok
Sementara itu di Cawas puluhan anggota TNI dari Koramail setempat dibantu unsur Polri, Relawan,SAR, BPBD serta warga bergotong royong melakukan upaya pembuatan tanggul darurat di sungai dengeng yang jebol di wilayah desa japanan. Secara agotong royong bahu membahu, mereka berusaha menutup tanggul yang jebol dengan peralatan seadanya seperti bambu, batang pohon yang diberi tumpukan pasir yang dimasukan dalam karung.

Danramil 20/Cawas, Kapten Inf Gofar, menyampaikan dengan jebolnya tanggul ini mengakibatkan kurang lebih 300 jiwa diungsikan karena pemukiman warga tergenang 30-40 Cm (30/11). “Hari ini debit air sudah agak turun, air yang menggenang dengan ketinggian semata kaki. Upaya yang dilakukan dengan menambal tanggul,” imbuhnya.(ono)

Share on Google Plus

Salam mattanews com

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...