Cuaca Buruk Serta Jelang Natal Dan Tahun Baru Harga Sembako Merangkak Naik.

KLATEN MATTANEWS.COMCuaca buruk dalam sepekan terakhir ini yang membawa bencana di berbagai daerah membuat pasokan sayur mayur serta kebutuhan pokok sedikit terhambat. Hal ini membuat harga beberapa barang kebutuhan mulai merangkak naik. Selain akibat cuaca buruk, suasana menjelang pergantian tahun baru dan Natal ikut memicu naiknya bahan kebutuhan di pasar.
 
Suasana pasar Srago Klaten sepi
Harga kebutuhan pokok seperti minyak goreng, telur, daging, terigu dan sayuran mengalami kenaikan cukup siginifikan. Selain itu harga kebutuhan dapur seperti bawang merah, bawang putih serta buah buahanpun perlahan mulai ikut naik.

Seperti misal harga ayam potong di pasar Klaten dan Srago mulai mengalami kenaikan sekitar Rp 1500 hingga rp 2000/ kilonya, dari Rp 28.000/kg bia mencapai Rp 30.000/kg. Sedang ayam potong keras (harco) dari Rp 30.000/kh naik menjadi sekitar Rp 32.000/kg.
Selain itu beras dengan kualitas bagus yang semula hanya sekitar Rp 9800 kini naik menjadi Rp 10.500/kg. Sementara beragai jenis sayuran perkilonya mencapai Rp 6000, sedang buah rata rata perkilo mengalami kenaikan sekitar Rp 2000.

“Semua bahan naik mas. Mulai dari beras, sayur-sayuran hingga keutuhan lain seperti minyak goreng dan beras naik. Sejak banjir melanda di berbagai daerah suplai kebutuhan pokok seperti sayur-sayutan cukup tersendat, sehingga harga merangkak naik. Sementara daya beli dari masyarakat justru menurun”, ujar salah satu pedagang adegan.

Kenaikan ini lanjutnya akan terus merangkak, menjelang hari raya Natal dan jatuhnya tahun baru. Padahal kondisi pasar saat ini menurutnya pasar tidak seramai dulu lagi.”Bisa bertahan saja sudah lumayan mas”, tegasnya.(aji)
Share on Google Plus

Salam mattanews com

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...