Bagas Waras Klaten Peduli Bencana. Gelar Pengobatan Gratis Dan Sembako Di Telingsing Cawas.



Pengobatan gratis di Tlingsing oleh tim RSD Bagas waras
KLATEN MATTANEWS.COM Dalam rangka recovery pasca banjir yang melanda beberapa wilayah Klaten Jawa Tengah, RSD Bagas Waras Klaten menggelar bakti sosial pengobatan gratis bagi warga desa Telingsing, kecamatan Cawas, Klaten Jawa Tengah. Dipimpin lansung direktur rumah sakit dr Limawan Budiwibowo M.Kes, RSD Bagas Waras menerjunkan sekitar 25 tenaga medis dan non medis guna membantu memulihkan dan menjaga kesehatan warga berdampak banjir. 

“ Tim yang kami terjunkan sekitar 25 personil terdiri dari dokter, perawat, ahli gizi, farmasi apoteker, bidan serta tim medis dan tenaga ahli lainnya yang bertujuan memberikan layanan kesehatan bagi warga yang terdampak banjir sekaligus memberi pengarahan konsling agar warga tetap memeiliki semangat dan tidak putu asa”, demikian ditegaskan direktur RSD Bagas Waras dr Limawan Budiwibowo.M.Kes.

Menurut Limawan yang didampingi Kabid penunjang medik dan non medik V.Retno Setyaningsih SKM.MMR.  serta  Kabid  Hukum dan Informasi Agus Setyawan P.STS.M.HUM  selain memberikan layanan kesehatan Bagas waras juga memberikan sembako serta keperluaan lain seperti celana dalam untuk anak dan orang dewasa, karena pasca banjir kebutuhan seperti itu sangat diperlukan.
Tim Medis RSD Bagas Waras Klaten sebelum berangkat.
Selain itu lanjut Limawan, RSD Bagas Waras juga memberikan layanan lanjutan kesehatan gratis bagi warga yang berdampak banjir untuk dirawat di RSD Bagas Waras. Untuk itu dalam aksi kemanusian peduli sesama ini selain 25 personil medis, rombongan juga membawa 2 unit ambulance yang berfungsi untuk mengangkut pasien atau warga jika perlu perawatan berlanjut.  

“Penanganan bantuan pasca banjir dalam rangka recovery sangat dibutuhkan warga. Baik layanan kesehatan serta peralatan yang berdampak langsung pada kebutuhan masyarakat, seperti air bersih, layanan kesehatan, serta peralatan baku lainnya, seperti perangkat pakaian dalam serta kebutuhan lain”, ujar Limawan.
 
Salah satu pasien bersama direktur RSD Bagas Waras.
Terkait dengan perawatan berlanjut jika ada warga berdampak banjir yang harus mendapat pelayanan lanjutan di rumah sakit, dengan tegas Limawan mengatakan tidak ada masalah, karena semua sudah terkoordinasi dengan dinas serta instansi terkait. Sesuai arahan ibu Bupati, pihakanya terus melakukan koordinasi dengan jajaran lain  seperti BPBD, Dinas sosial, Pemerintah, Dinas Kesehatan, BPJS serta lainnya terkait dengan adanya bencana banjir di Klaten ini. “ Jadi bagi warga korban banjir tak perlu kawatir jika memang harus dirawat di rumah sakit, karena Pemda akan membantu sepenuhnya para korban banjir yang memang harus memerlukan pengobatan dan perawatan”, tegasnya.

Sementara itu antusias warga yang datang berobat sangat bagus. Ratusan warga Desa Japanan baik yang ada di dukuh Telingsing dan sekitarnya berbondong-bondong memeriksakan kesehetannya pada tim medis RSD Bagas Waras. Dari data yang ada rata rata gejala yang diderita warga pasca banjir ialah gatal-gatal, Ispa, flu batuk pilek serta darah tinggi.” Rata rata penyakit yang diderita warga mulai dari Ispa, flu batuk pilek, hipertensi serta gatal-gatal”, ujar dr Hanung yang ikut terjun menangani pasien.(mt/1-2)


Share on Google Plus

Salam mattanews com

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...